TNI Sweeping Sampah Pantai di Anjung Cahaya

0
672
BERSIHKAN PANTAI: TNI-Polri dan masyarakat membersihkan sampah pesisir di Kawasan Anjung Cahaya, Tepilaut. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dalam rangka HUT Kemerdekaan ke 72 RI, Pangkalan Utama TNI AL IV Tanjungpinang melakukan aksi bersih-bersih pantai di wilayah pantai, Selasa (22/8). Kegiatan dilaksanakan di sejumlah titik lokasi Kecamatan Tanjungpinang Barat dan Kecamatan Tanjungpinang Kota, yaitu Pelabuhan Sri Bintan Pura, Anjung Cahaya, pesisir pantai Jalan H. Agus Salim, Tugu Pensil dan Usman Harun.

Aksi ini juga melibatkan TNI AD Korem 033/WP, AU Lanud RHF dan Kepolisian Polres Tanjungpinang, Instansi Pemda Kota Tanjungpinang, Jalasenastri Korcab IV DJAB, Mahasiswa, KSOP, Bea Cukai, Pelindo, Pramuka dan masyarakat yang bermukim di pesisir pantai Kota Tanjungpinang. Setidaknya ada sekitar 600 warga Kota Tanjungpinang sejak pagi hari berduyun-duyun memadati Anjung Cahaya, Teluk Keriting hingga ke Pelantar II dalam rangka gotong royong membersihkan sampah dan kampaye mengajak masyarakat membersihkan pantai dan tidak membuang sampah ke laut.

Penyelenggara yang diinisiasi Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) Lantamal IV Tanjungpinang ini mengusung tema Lantamal IV Mengajak Masyarakat Tidak Membuang Sampah Plastik di Sungai dan Laut. Hal ini mendapat sambutan positif dari masyarakat Kota Tanjungpinang. Dari pantauan di lapangan tumpukan sampah yang menggunung didominasi sampah plastik diangkut puluhan mobil truk dari Dinas Kebersihan Kota Tanjungpinang dan mobil truk TNI/Polri berjejer menampung sampah dari laut dan selanjutnya dibawah ketempat pembuangan akhir sampah.

Baca Juga :  Semua Penangkaran Burung Walet Ilegal

Sementara itu, dari laut puluhan perahu karet dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV dan speed boat Satkamla Lantamal IV bergerak dari laut memungut sampah plastik yang berserahkan dilaut. Danlantamal IV Laksma TNI R.Eko Suyatno yang diwakili Wadan Lantamal IV Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya Setiawan mengatakan, bahwa upaya yang digagas TNI Polri ini merupakan bagian dari kampaye anti sampah dan menginginkan laut dan sungai di Kota Tanjungpinang bebas dari sampah.

Hal ini juga membutuhkan peran dan kesadaran masyarakat yang bermukim disepanjang garis pantai untuk tidak membuang sampah ke laut dan sungai. ”Seperti halnya disekitar Pasar Pelantar II, permasalahan sampah menumpuk di laut belum terselesaikan. Ini karena masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga dengan tak membuang sampah ke laut,” tuturnya.

Baca Juga :  Syahrul Berikan Tausiyah Warga Binaan

Berbagai upaya juga telah dilakukan Pemko Tanjungpinang untuk mengatasi sampah di laut.
Wadan Lantamal IV mengingatkan, Pelantar II juga dekat dengan Pelabuhan Internasional Sri Bintan Pura yang merupakan pintu gerbang masuknya wisatawan dari luar negeri maupun luar daerah. Sehingga perlu menjaga kebersihan laut bersama. “Kita ciptakan kesan yang baik terutama laut harus bebas sampah,” sebutnya.

Untuk itu ia mengajak agar mulai sekarang warga Kota Tanjungpinang bersatu padu dan berkomitmen perang terhadap sampah. Ini artinya, jangan sampai ada sampah yang sengaja di buang ke laut. ”Mari kita bekerjasama, jangan saling menyalahkan tetapi disini merlukan kesadaran dan aksi nyata dari kita untuk kita,” paparnya.

Baca Juga :  APBD Perubahan Disahkan Minggu Depan

Khususnya yang bermukim disepanjang garis pantai agar tidak membuang sampah ke laut lagi. Dalam kegiatan ini, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Drs Riono, yang mendukung penuh kegiatan tersbeut. Ia menilai sangat bagus, dan dapat menjadi contoh bagi masyarakat kedepan dapat melaksanakan lebih rutin lagi. ”Ini bukti nyata bahwa seluruh pihak ingin kawasan laut dan khususnya Kota Tanjungpinang bersih. Jadi mari sama-sama melaksanakan,” tutunya.

Tentunya tidak mudah, namun bila dilaksanakan secara serius tentu sampah-sampah menumpuk bisa berkurang dan bahkan hilang. Hadir juga dalam kegiatan tersebut Istri Danlantamal IV, R. Eko Suyatno, Para Asisten Danlantamal IV, Kasiops Korem 033/WP Kolonel Inf Parjio, Kabagops Polres Tanjungpinang, Lanud RHF, unsur OPD Pemko Tanjungpinang, dan para prajurit TNI. (RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here