Toapaya Asri dan Toapaya Selatan Wakili Bintan

0
1144
CEK WILAYAH: Bupati Bintan H Apri Sujadi dan Kepala Dinas PMD Ronny Kartika mengecek wilayah Toapaya Asri, belum lama ini. f-istimewa/kominfo bintan

TOAPAYA – Kelurahan Toapaya Asri dan Desa Toapaya Selatan mewakili Kabupaten Bintan, untuk mengikuti lomba kelurahan dan desa terbaik 2017 tingkat Provinsi Kepri. Saat ini, Toapaya Asri dan Toapaya Selatan sudah siap dilakukan penilaian.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika mengatakan, tim juri dari Provinsi Kepri akan melakukan penilaian ke lapangan, dalam waktu dekat. Sesuai Permendagri nomor 81/2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, penilaian meliputi 3 aspek bidang yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan.

Di Kelurahan Toapaya Asri, ada beberapa keunggulan inovasi dalam pelayanan masyarakat, seperti program website kelurahan yang memiliki data masyarakat, perpustakaan online, program WhatsApp kelurahan serta pelayanan administrasi pemerintahan secara online. Sedangkan Desa Toapaya Selatan sudah bisa memproduksi pupuk organik sendiri dengan memanfaatkan limbah.

”Cukup banyak inovasi di Kelurahan Toapaya Asri dan Desa Toapaya Selatan ini,” kata Ronny. Lurah Toapaya Asri Arief Sumarsono menambahkan bahwa dirinya menggagas penggunaan program website kelurahan, guna mendorong masyarakat untuk menjadi warga yang melek IT (informasi dan teknologi).

Program website kelurahan dikelola aparatur kelurahan. Semua pelayanan administrasi kelurahan hanya tinggal klik www.tuapayaasri.com. Beberapa content yang disiapkan meliputi pelayanan administrasi kelurahan, dan data masyarakat.

”Pelayanan wifi gratis, program WhatsApp kelurahan, sampai dengan content data bank darah serta perpustakaan online yang terkoneksi langsung dengan Perpustakaan Nasional RI,” jelas Arief. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here