Toapaya Selatan dan Teluksasah Jadi Desa Studi Banding

0
52
SYAIFUL Ikwan dari Dinas PMD Bintan mengajak puluhan kades dari Batang Hari yang melaksanakan studi banding ke Desa Teluksasah, SKL, Selasa (9/4). F-ISTIMEWA

BINTAN – Toapaya Selatan di Kecamatan Toapaya dan Teluksasah di Seri Kuala Lobam, kembali menjadi desa studi banding bagi daerah lain. Selasa (9/4) kemarin, puluhan orang kepala desa dari Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi mengunjungi dua desa di Kabupaten Bintan ini.

Dalam kunjungan studi banding tersebut, para Kades dari Kabupaten Batang Hari mempelajari tentang payung hukum dan pengembangan dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Terutama dalam pengelolaan potensi wisata desa di Desa Toapaya Selatan, serta pengembangan home industri di Desa Teluk Sasah.

”Pengelolaan BUMDes di Toapaya Selatan dan Teluksasah ini, sudah memberikan PAD bagi desa. Pengelolaan seperti ini, yang menjadikan Toapaya Selatan dan Teluksasah, menjadi desa studi banding bagi pemerintah desa luar Kepri,” kata Ronny Kartika, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan, kemarin.

Selain pengelolaan dan pengembangan BUMDes, para kades yang melakukan studi banding, juga ingin mengetahui seperti apa penyusunan APBDes. Baik alokasi dari ADD maupun DD, sampai dengan sistem pembuatan laporan pertanggungjawaban.

”Kita bangga, desa di Bintan menjadi contoh dan tempat studi banding bagi pemerintah desa lainnya,” kata Ronny Kartika. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here