Toapaya Utara Dinobatkan sebagai Desa Tangguh

0
78
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyerahkan hadiah kepada Kelurahan Tanjunguban Selatan, pemenang ketiga lomba Desa Tangguh Nusantara, di Mapolres Bintan.
Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya dinobatkan sebagai juara pertama, dalam lomba desa tangguh, yang diselenggarakan oleh Polres Bintan. Bupati Bintan Apri Sujadi mengapresiasi atas kegiatan ini.

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono menyerahkan hadiah kepada masingmasing pemenang, pada saat peringatan Hari Bhayangkara, di Mapolres Bintan, Rabu (1/7) kemarin.

Desa Toapaya Utara meraih juara I dengan total nilai 285 poin. Sementara juara kedua diraih Desa Sribintan dengan total 250 poin. Sedangkan juara ketiga diraih Kelurahan Tanjunguban Selatan dengan total 245 poin.

Baca Juga :  Camat Ajak Warga Jaga Bintan Agro

Usia penyerahan hadiah, Bupati Bintan Apri Sujadi menyampaikan, 36 desa di Bintan mengikuti perlombaan tersebut, serta 15 kelurahan. Penilaian dilakukan oleh Polres Bintan, Dinkes Bintan dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bintan.

”Kita apresiasi atas kegiatan yang ditaja Polres Bintan. Ini bentuk kolaborasi dan kerja sama antara pemerintah daerah bersama Polres Bintan, guna menciptakan pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya alam, di setiap desa. Selamat kepada DesaToapaya Utara yang dinobatkan sebagai desa tangguh, pada tahun 2020 ini,” ujar Apri Sujadi.

Baca Juga :  Tak Dibantu Pemprov, Bintan Bangun 108 RTLH

Kapolres Bintan AKBP Bambang Sugihartono mengatakan, lomba desa tangguh ini untuk meningkatkan keamanan lingkungan, membangun ketahanan pangan dan mencegah penularan Covid-19. Menurutnya, budaya gotong royong perlu diwujudkan untuk melahirkan desa tangguh. Lahan di desa seperti tanah yang tidak dikelola, mulai dari pekarangan rumah hingga lahan kosong berukuran besar, dapat dikelola untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Menurutnya, sejumlah desa sudah memiliki lahan pertanian, kolam ikan air tawar, dan gudang sembako. Seluruh desa di Bintan, pada dasarnya memiliki potensi yang besar untuk mewujudkan desa tangguh, sesuai karakteristik desanya.

Baca Juga :  Menteri Besar Sarawak Belajar ke Bintan

”Kegiatan ini untuk mendorong warga desa kompak membangun desanya, menjadi desa mandiri, aman dan nyaman. Dan yang tidak kalah penting, masing-masing desa melakukan upaya pencegahan terhadap penularan Covid- 19,” tutup Kapolres. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here