Toilet Taman Batu 10 Terkunci Terus

0
640
BERMAIN: Beberapa pengunjung sedang bermain di Taman Batu10 Tanjungpinang. f-Andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan, Pemakaman dan PJU dari Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Kebersihan dan Pertamanan Kota Tanjungpinang, Yoni Fadri mengaku tak mengfungsikan toilet umum di Taman Batu10 Tanjungpinang. Toilet tersebut berada tak jauh dari fasilitas permainan anak-anak.

Alasan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan. Bahkan yang lebih parah, hampir setiap hari pihaknya harus membeli gayung air, keran dan bola lampu di dalam toilet tersebut.

”Kita pernah buka untuk umum, tapi sebagian masyarakat tak bertanggungjawab tak menjaga kebersihan dan barang-barang yang ada,” paparnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (27/9).

Bahkan, yang lebih kasihan, hingga para petugas selalu menyiram kotoran yang terdapat di dalam toilet tersebut. Padahal, di dalam toilet tersebut terdapat air bersih untuk menyiram dan membersihkan kotoran. ”Tapi mereka tidak menjaga keberishan. Akhirnya kita putuskan untuk di kunci sekarang,” paparnya.

Ia berharap, jika nanti toilet umum itu di buka, harus menjaga kebersihan bersama. Jangan sampai toilet di buka malah menimbulkan masalah karena bau serta lainnya. ”Kita harapkan masyarakat khususnya pengunjung bersama-sama menjaga dan merawat fasilitas terdapat di Taman Batu10 termasuk toilet umum. Bukan hanya jadi tugas pemerintah,” ucapnya.

Pengunjung di Taman Batu10 meminta pemerintah menyediakan toilet umum. Padahal sudah ada, karena di kunci warga tak emngetahui keberadaannya. Sehingga memudahkan para pengunjung, minimal untuk buang air kecil dan lainnya. Terutama bagi anak-anak di sela-sela bermain.

”Seperti sekarang tidak ada toilet umum, susah kita mau buang air kecil padahal masih ingin bermain,” kata Julianto, warga Handjoyo Putro saat berjumpa dengan awak media ini. Rabu (27/9).

Bahkan ia juga kebingungan saat anaknya yang di bawa mengeluhkan hal yang sama. Terpaksa ia harus pergi ke toilet yang ada di kawasan Pasar Bestari Bincen.
Padahal jika di kawasan itu ada toilet umum, ia dan anaknya merasa tak perlu repot keliling ke luar.

Ia berharap, kedepanya di Taman Batu10 disediakan fasilitas umum, yaitu toilet. ”Susah sekali jika seperti ini, berharap Pemko segera sediakan toilet umum,” paparnya.

Harapan senada juga disampaikan, Darsono warga Batu 10 Tanjungpinang. Ia meminta pemerintah segera menambah fasilitas pendukung lainnya, seperti toilet.
Ini perlu mengingat mayoritas orangtua membawa anak bermain.

”Kita butuh, terutama untuk anak. Sebab kadang tak bisa diprediksi mengingat mereka belum mampu mengontrol waktu yang tepat buang air kecil atau besar. Kalau sempat anak kita mengeluh sakit perut yang sulit, kita mau bawa ke mana. Kasihan sekali anak,” paparnya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here