Tol Laut Belum Atasi Disparitas Harga

0
325
BONGKAR muatan barang dari kapal Tol Laut di Pelabuhan Selat Lampa. F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

Sekretaris Disperindagkop Ekonomi Makro Kabupaten Natuna Hikmatul Arif menilai, pelayanan kapal Tol Laut belum bisa mengatasi disparitas harga di Natuna sesuai dengan tujuan utama pembentukan program ini.

NATUNA – Menurutnya, Tol Laut merupakan program pemerintah dengan tujuan untuk menciptakan keadilan dan kesetaraan dari segi akses terhadap barang terutama yakni bahan pokok dan kesamaan harga bagi masyarakat.

Melalui program ini, Pemerintah Pusat ingin memberikan kesempatan dan kemudahan yang sama dalam hal mendapatkan kebutuhan penduduk yang ada di ibu kota dan masyarakat di wilayah jauh dari kota atau perbatasan.

”Kalau dari sisi distribusi dan penyediaan barang, hasil Tol Laut ini sudah ada kelihatan meskipun belum maksimal. Tapi kalau dari segi upaya mengatasi disparitas harga saya rasa masih jauh, harga barang sepertinya masih sama saja dengan yang dulu,” kata Matul di tempat kerjanya, Jumat (19/1).

Arif berpendapat, untuk mendukung terwujudnya tujuan di atas semestinya kapal itu dilengkapi dengan perangkat penunjang. Perangkat yang dimaksud, dengan memiliki fasilitas gudang penyimpanan di pelabuhan yang berperan sebagai tempat penampungan dan transit barang.

Keberadaan gudang ini dinilianya cukup penting, untuk memotong siklus pengiriman barang dimana pemilik barang tidak perlu menggunakan jasa ekspedisi untuk mengangkut barangnya dari dan ke kapal.

”Untuk hal ini kami sudah usulkan kepada Pelni selalu pihak yang mengelola Tol Laut agar bisa membangun gudang di Pelabuhan Tanjung Priok dan Natuna. Kalau ini tidak ada saya rasa harga di wilayah Natuna akan tetap sama saja,” terang Matul.

Ia mengaku, persoalan ini sudah disampaikan kepada Pemerintah Pusat untuk segera direspon secepatnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here