Tour de Bintan Diikuti 42 Negara

0
500
BUPATI Bintan H Apri Sujadi dan Wabup H Dalmasri Syam memimpin rapat persiapan Tour de Bintan 2018 dihadiri Kadispar Luki Zaiman, Selasa (6/3).F-ISTIMEWA/kominfo bintan

Masuk Kalender UCI Grand Fondo Lagi

BINTAN – PESERTA yang telah mendaftar di ajang balap sepeda internasional Tour de Bintan 2018, sudah mencapai 42 negara. Tahun 2018 ini, Tour de Bintan kembali masuk dalam kalender organisasi balap sepeda internasional (UCI) grand fondo world championship.

Hal itu disampaikan Bupati Bintan H Apri Sujadi saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan Tour de Bintan 2018, bersama Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, di Kantor Bupati Bintan, Bintan Buyu, Selasa (6/3) kemarin. Dalam rapat itu hadir Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira, pihak kepolisian, TNI, Imigrasi, Bea Cukai, manajemen PT BRC Lagoi, tim EO Meta Sport dan sejumlah pimpinan OPD terkait.

Bupati Bintan H Apri Sujadi menerangkan, lomba balap sepeda internasional Tour de Bintan 2018 digelar, Jumat (23/3) sampai dengan Minggu (25/3) dua pekan mendatang. Tour de Bintan 2018 juga masuk dalam kalender event UCI grand fondo word championship. Ini merupakan satu kebanggaan bagi Kabupaten Bintan, karena hanya Tour de Bintan yang merupakan satu-satunya di Indonesia, yang masuk dalam kalender event internasional.

Baca Juga :  Pulau Ajab Tak Boleh Dijual !

Justru itu, bupati berharap agar seluruh pihak dan masyarakat Bintan, turut andil dalam menyukseskan iven ini. Selain itu, H Apri Sujadi menyarankan, agar rute lomba ini tidak hanya di Lagoi maupun di simpang Lagoi. Tapi, mesti ada tempat baru yang menjadi lokasi star lomba. Sehingga, dampak ekonomi terhadap masyarakat dari lomba ini, didapatkan secara merata.

”Tapi yang terpenting, agenda olahraga pariwisata internasional di Bintan ini, harus kita sukseskan,” harap H Apri Sujadi.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira menegaskan, persiapan pelaksanaan lomba Tour de Bintan 2018 sudah maksimal, tidak pelaksanaan menjelang hari H. Rapat koordinasi untuk menyamakan persepsi menyangkut teknis maupun prosedural. Segala hambatan yang mungkin akan terjadi diupayakan sedini mungkin, untuk dapat diantisipasi.

Baca Juga :  Gunung Kijang Tuan Rumah MTQ 2017 Kabupaten Bintan

”Kita masih terus persiapan. Ini tahap pemantapan lah. Intinya jangan sampai tahun ini menurun dibanding tahun kemarin,” ugkapnya.

Sampai saat ini, sudah lebih dari 1.000 peserta yang mendaftar kepada tim EO Meta Sport. Peserta yang mendaftar itu berasal dari 42 negara. Antara lain Singapura, Malaysis Australia dan Inggris. Ada tiga hal yang patut dibanggakan dalam kegiatan Tour de Bintan 2018 ini. Masuk kalender UCI grand fondo world championship, masuk kalender ISSI di level nasional, dan menjadi ajang bagi ISSI Kabupaten Bintan sendiri.

Baca Juga :  Rumah Terbakar, PGRI Bintan Santuni Guru Honor

Selain itu, lanjut Luki, keistimewaan lomba Tour de Bintan 2018, rute akan memasuki wilayah Bintan Timur, ke arah taman Kota Kijang. Pada hari kedua, peserta balap sepeda akan menempuh rute dari Lagoi, menuju Seikecil, pantai Sebong Lagoi, Sakerah, Tanjunguban, Gunung Bintan dan kembali ke Lagoi.

”Rute di hari kedua ini, disunsang atau balik arah dibandingkan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. Kalau hari pertama, dari Lagoi menuju Trikora, ke taman Kota Kijang, Lintas Barat dan kembali ke Lagoi,” terang Luki.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here