Tour de Bintan Jadi Kualifikasi World Championship Perancis

0
363
BALAP SEPEDA: Peserta balap sepeda Tour de Bintan melintasi daerah wisata Trikora saat berlomba, tahun sebelumnya. F-YENDI/tanjungpinangpos

BINTAN – Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, peserta Tour de Bintan yang mendaftar sudah sebanyak 967 pebalap, atau meningkat 20 persen dibandingkan tahun lalu. Ajang ini menjadi kualifikasi world championship di Perancis.

”Jumlahnya diperkirakan bakal 1.000 peserta. Sebab pendaftaran masih dibuka sampai Jumat pekan ini,” ujar Luki, Senin (20/2) kemarin.

Luki menyampaikan, Tour de Bintan kali ini masuk dalam kalender balap sepeda internasional Union Cycliste Internationale (UCI). Tour de Bintan ini merupakan satu-satunya event balap sepeda di Indonesia, yang masuk UCI, untuk kategori grand fondo.

Tour de Bintan merupakan babak kualifikasi. Bagi finalis di Tour de Bintan, akan mengikuti kejuaraan di Albi Perancis, tanggal 24 sampai dengan 27 Agustus 2017 mendatang.

Kategori yang dilombakan di Tour de Bintan nanti antara lain grand fondo century (107 km), grand fondo discovery (55 km), grand fondo classic (140 km) dan grand fondo challenge (82 km).

Sebelumnya, Bupati Binta Apri Sujadi memberikan arahan kepada setiap SKPD untuk melakukan persiapan lebih matang. Sehingga Bintan kembali tercatat sebagai salah pelaksana event terbaik di dunia.

Sebelumnya, Pemkab Bintan sudah mengadakan rapat koordinasi, yang dihadiri Assitent General Manager (GM) Bintan Resort Cakrawala (BRC) Aditya, Kapolres Bintan AKBP Febri Guntur Sunoto dan sejumlah pimpinan FKPD. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here