Tour The Natuna Promosikan Wisata

0
357
SEKDA Kabupaten Natuna Wan Siswandi saat pimpin rapat persiapan event Tour De Natuna bersama OPD. f-istimewa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna tengah mematangkan rencana pelaksanaan Tour The Natuna, untuk mendatangkan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Natuna.

NATUNA – Hal ini sangat penting dilakukan untuk mempromosikan sektor pariwisata daerah. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan yang tergolong besar, dan harus melibatkan berbagai pihak yang memiliki kompetensi dan tanggung jawab.

”Jadi kita perlu adanya upaya membangun koordinasi dan kerja sama yang baik, agar kegiatan itu bisa berjalan lancar dan aman. Untuk itu, perencanaan yang matang menjadi modal utama terselenggaranya Tour The Natuna,” Kata Wan Siswandi, Sekda Natuna yang juga ketua Tim Percepatan Pembangunan Pariwisata Natuna (TP3N) saat memimpin acara presentasi Tour The Natuna, kemarin.

Wan Siswandi menjelaskan, untuk mendukung pelaksanaan tersebut perlu adanya kerjasama juga melibatkan beberapa OPD terkait. Menurutnya, ketersedian sarana dan fasilitas pendukung serta analisa terhadap bidang kepanitian memiliki beban berat.

Maka dari itu, lanjut Wan Siswandi, perlunya seluruh unsur harus saling mendukung dan bekerjasama untuk menyukseskan event tersebut. ”Kegiatan ini adalah salah satu upaya daerah untuk mengembangkan sektor pariwisata, yang nantinya diharapkan mampu menumbuhkan ekonomi masyarakat. Untuk itu, dalam pelaksanaannya nanti seluruh unsur harus saling mendukung dan bekerjasama,” harapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Erson Gempa Afriandi mengatakan, Natuna memiliki potensi pariwisata yang sangat menjanjikan. Namun untuk memberikan nilai tambah peningkatkan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah, perlu adanya gebrakan maupun strategi promosi yang bertujuan untuk menarik minat kunjungan wisatawan di daerah.

”Pentingnya promosi wisata tersebut, dan perlu adanya kegiatan atau pemkab bersama dinas mengadakan event besar lainnya seperti festival tari tingkat nasional dan lain sebagainya,” jelas Erson Gempa.

Ia menambahkan, bahwa Dinas Pariwisata telah menargetkan pengembangan beberapa destinasi wisata daerah sampai tahun 2020. Destinasi itu diantaranya, wisata mangrove di Pering, Semitan, Pengadah, Laman Kibang depan Masjid Agung dan wisata Taman Kupu-kupu Setengar.

Selain itu, perwakilan dari IGD, Udianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah memfasilitasi kegiatan ini bagi memantapkan persiapan-persiapan melalui survei berbagai aspek seperti rencana rute yang akan dilalui peserta Tour The Natuna nantinya.

”Jadi nanti untuk rute tour dibagi menjadi tiga jalur, yaitu Rute pertama mulai dari Kantor Desa Teluk Buton Kecamatan Bunguran Utara dan berakhir di sampai Pantai Kencana-Ranai, Rute kedua mulai dari Pantai Kencana sampai Pelabuhan TNI Angkatan Laut Selat Lampa, dan Rute ketiga dimulai dari Lapangan Bola Kaki Kelarik Kecamatan Bunguran Utara dan berakhir di Pantai Kencana Ranai,” tandasnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here