TP4D Dampingi Proyek Normalisasi Sungai

0
552
MENYAKSIKAN: Warga pesisir Sungai Budus saat menyaksikan alat berat bekerja untuk normalisasi Sungai Budus. F-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – MASYARAKAT pesisir Sungai Budus dapat tersenyum setelah pihak pemerintah melaksanakan pekerjaan normalisasi sungai. Pengerjaan itu dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPUPR-PKP) Pemkab Lingga.

Proyek tersebut, juga didampingi Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) dan sudah hampir selesai dikerjakan. Hal ini disampaikan Kabid Pengairan Pengembangan dan Pengelolaan Irigasi DPUPR-PKP bernama Ardi, kemarin.

”Normalisasi Sungai Budus merupakan keinginan lama masyarakat Desa Budus. Selain bertujuan untuk mempermudah nelayan untuk akses ke laut, juga untuk mengantisipasi terjadinya banjir di Kampung Budus. Pengerjaannya didampingi oleh TP4D, dan kegiatan nrmalisasi Sungai Budus hampir selesai. Dipastikan dapat selesai jelang akhir tahun,” kata Ardi.

Ardi mengungkapkan, , sebelum normalisasi Sungai Budus dilakukan. Masyarakat nelayan setempat harus ke Tanjung Buton terlebih dahulu untuk ke laut. Sedangkan jarak yang ditempuh nelayan sekitar 10 Km. Tidak hanya itu, untuk sekedar mengambil air dan membawanya dengan sampan masyarakat harus ke Tanjung Buton.

”Normalisasi Sungai Budus sangat membantu masyarakat Desa Budus, serta mengantisipasi banjir. Untuk normalisasi Sei Budus memerlukan anggaran Rp 1,2 miliar,” ucapnya.

Ia berharap, setelah normalisasi warga tidak lagi membuang sampah di sungai. Normalisasi sungai tidak akan bertahan lama jika warga masih membuang sampah pada aliran Sungai Budus. Untuk itu, pihaknya berharap warga menjaga kebersihan sungai.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here