TPP Pemko Masih di Hitung

0
121
ASN di lingkungan Pemko Tanjungpinang saat mengikuti upacara bendera. F-ist/humas pemko tanjungpinang

TANJUNGPINANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono menuturkan, Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) bagi ASN di lingkungan Pemko masih dihitung.

Rencananya akan rampungkan sebelum pengesahan APBD Murni 2019. Dan, diusahakan gaji baru ASN berdasarkan aturan TPP, sudah bisa diterima ASN per Januari 2019 mendatang.

”Masih dihitung belum rampung, kami masih akan berkomunikasi dengan KASN sebelum menyerahkan ke Kemenpan RB untuk evaluasi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Ia menuturkan, perlu melakukan komunikasi ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait para ASN struktural. Seperti profesi dokter dan guru. Hal ini perlu dibicarakan, agar tak ada berdebatan di kemudian waktu. Riono menuturkan, ASN yang menerima TPP tertinggi yaitu Sekda dengan grade 15 yaitu Rp21 juta per bulan. Penghasilan ini di luar dari gaji pokok.

”Tapi Sekda tidak menerima lagi honor-honor kegiatan, cukup hanya TPP. Jadi penghasilan saya nanti berkurang. Berbeda de gan ASN di level bawah bisa jadi naik,” ungkapnya.

Dituturkannya, grade paling rendah di Pemko Tanjungpinang yaitu 3, ASN yang kini bekerja sebagai sopir. ”Jadi di lingkungan Pemko tidak ada yang grade satu, paling rendah tiga,” paparnya.

Terkait angka pasti setiap TPP ASN masih dimatangkan dinas terkait, yaitu BPKAD Tanjungpinang. Sebelumhya, Plh Kabag Ortal Sekretariat Pemko Tanjungpinang, Farid menuturkan, pihaknya telah menghitung grade setiap ASN di masing-masing OPD. Meski eselonnya sama, grade-nya bisa saja berbeda.

Dicontohkannya, kepala dinas dan asisten di Sekretariat Pemko Tanjungpinang, grade-nya di bawah Sekda satu level yaitu 14. Sedangkan staf ahli meski sama-sana esleon II, namun gradenya 13. Ini artinya, grade Staf Ahli Sekdako sama dengan Eselon III, Kabag di Sekretariat serta camat yaitu grade-nya 13. Disusul di bawahnya, sekretaris di dinas yaitu 12. Begitu juga bagi eselon IV yang menjabat sebagai lurah dan dinas grade-nya berbeda.

Untuk lurah grade-nya 10 sedangkan eselon IV di dinas yaitu 9. ”Seperti saya Kasi di dinas, grade-nya 9. Kalau lurah lebih tinggi dengan memimpin wilayah tersebut maka grade 10,” ucapnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here