Tradisi Haul Jama Sambut Ramadan

0
57
SUASANA pelaksanaan tradisi Haul Jama di Replika Istana Damnah dan kegiatan ini bisa menjadi salah satu penarik kunjungan wisata ke Lingga. F-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – Haul Jama adalah salah satu tradisi maayarakat Lingga, yang masih terpelihara sampai saat ini. Haul Jama adalah kegiatan keagamaan, yang dilakukan masyarakat bergama Islam untuk menyambut kedatangan bulan suci Ramadan.

”Haul jama’ tidak mnyalahi ajaran agama yang kita anut. Dalam kegiatan seperti ini juga dapat mempererat silaturahmi dan saling bermaafan, agar dapat menjalani ibadah puasa dalam keadaan bersih tanpa ada dosa cela dan dosa antar sesama,” kata Juramadi Esram, Sekda Lingga, kemarin.

Esram mengungkapkan, kegiatan ini selain diisi dengan doa untuk untuk orangtua, para leluhur, baik itu para pemimpin, kiyai, guru saudara mara, sahabat, umumnya buat kaum muslimin dan muslimat yang telah meninggal dunia.

Agar diampunkan dosa dan ditempatkan pada tempat yang layak oleh Allah SWT.
Selain itu, kegiatan ini juga untuk meningkatkan silaturahmi masyarakat dengan para ulama, tokoh adat dan para ASN di lingkungan Pemkab Lingga. ”Semoga setiap tahun pelaksanaan kegiatan semakin baik,” katanya.

Dalam kesempatan itu Juramadi Esram Juga menyampaikan kepada Kadis Kebudayaan bahwa hal tersebut dapat dipromosikan. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu daya tarik Lingga agar dikunjungi wisatawan. ”Jadi hal ini sangat disayangkan jika tidak dipromosikan,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here