Trafik Data Tertinggi Medsos dan Nonton Film

0
211
Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin melihat trafik penggunaan data. F-Istimewa

Data Naik 12,3 Persen, Suara Turun 14,9 Persen

JAKARTA – Telkomsel mencatat kenaikan trafik layanan data tertinggi pada H-1 Lebaran tahun ini sekitar 19,30 petabyte atau meningkat 12,3 persen. Kenaikan itu dibanding trafik layanan data pada hari normal.

Jika dibandingkan dengan periode Lebaran tahun lalu, trafik layanan ini mengalami kenaikan sekitar 49,8 persen.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengatakan, Senin (10/6), rata-rata lonjakan tertinggi terjadi di antara pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, atau saat sahur.

Sementara kontribusi tertinggi penggunaan layanan data secara umum berasal dari pelanggan yang beraktivitas di media sosial (medsos).

“Medsos mencapai 30,4 persen. Pelanggan juga memanfaatkan layanan data untuk menyaksikan film atau video secara streaming dengan kontribusi sebesar 28,7 persen,” katanya.

Sementara untuk komunikasi berbasis teks, serta panggilan suara dan panggilan video, melalui aplikasi pesan instan memberikan andil sekitar 15,7 persen terhadap penggunaan layanan data.

Selain itu, layanan video streaming, salah satu kontributor meningkatnya konsumsi kuota data yaitu menyaksikan streaming melalui aplikasi YouTube.

“Khusus layanan media sosial kontributor meningkatnya konsumsi kuota data didominasi aktivitas pelanggan pada aplikasi Facebook dan Instagram,” bebernya.

Sementara itu, beberapa ragam aplikasi lain yang menjadi favorit pelanggan selama periode Lebaran tahun ini, Google Service. Layanan ini yang memiliki andil terhadap penggunaan layanan data Telkomsel sebesar 7,7 persen.

“Diikuti Mobile Legend dan TikTok masing-masing sebesar 1,1 persen,” imbuhnya.?

Diakuinya, layanan suara mengalami penurunan sebesar 14,9 persen, menjadi 1,05 miliar menit bila dibandikan hari biasanya. Hal yang sama juga terjadi dalam trafik layanan SMS yang mengalami penurunan sebesar 3,7 persen menjadi 531 juta SMS.

“Dari sisi kualitas layanan, tingkat keberhasilan koneksi data, pengiriman SMS dan panggilan suara masing-masing mencapai  99,69 persen, 99,70 persen dan 98,52 persen. Berarti secara umum pelanggan dapat menikmati layanan komunikasi dengan lancar,” ujar dia.

Sementara wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi ada di Jawa Tengah. “Jawa Tengah meningkat 44 persen dibandingkan hari normal, diikuti wilayah Jawa Barat sebesar 31,2 persen dan Jawa Timur sebesar 26,9 persen,” ungkapnya.

Dituturkannya, penggunaan layanan data pada di momen Lebaran tercatat mengalami peningkatan yang signifikan di beberapa lokasi yang menjadi titik berkumpulnya pemudik. Seperti Exit Tol Pejagan, Pompa Bensin Gentong Tasikmalaya, Rumah Makan Lestari Banjarnegara, Bandara Adi Soemarmo dan Rest Area Adiwerna km 287 Tegal.

“Lonjakan serupa juga terjadi di lokasi-lokasi wisata yang dipadati pengunjung, diantaranya Pantai Tirtamaya Indaramayu, Pantai Santolo Garut, Rekreasi Kota Bunga Puncak, Rekreasi Pangandaran-Batu Keras dan Taman Wisata Linggarjati Kuningan,” sambung Denny Abidin.

Ia menuturkan, untuk memberikan pengalaman pelanggan dalam menggunakan layanan data yang lebih cepat dan stabil, pihaknya juga telah memperluas layanan 4G LTE.

Layanan itu sudah lebih 500 titik di kota-kabupaten. Dimana 97 persen telah menjangkau ibukota kecamatan. Sehingga 93% populasi di Indonesia telah terlayani 4G Telkomsel.

“Selain itu, kami juga memberikan bonus kuota internet 4G hingga 30Gb khusus pelanggan yang menukarkan kartu 4G,” imbuhnya.(mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here