Transportasi Terbatas, Sulit Jual Hasil Tani

0
189
ANGGOTA DPRD Karimun Ady Hermawan meninjau pembuatan sampan untuk nelayan ketika berkunjung ke pulau untuk melihat pembangunan desa belum lama ini. F-ISTIMEWA

Masyarakat di Desa Tulang, Desa Tanjung Batu Kecil, Desa Tanjung Hutan, Kecamatan Buru berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun memperhatikan sarana transportasi di darat.

KARIMUN – ”Masyarakat di tiga desa tersebut berharap, Pemkab Karimun dapat mengadakan transportasi darat berupa motor Tossa atau lori untuk keperluan penduduk desa. Selama ini, masyarakat kesulitan mengangkut hasil pertanian, maupun hasil peternakan ketika hendak dibawa keluar desa karena harus keluar pulau. Selama ini, warga mengandalkan sepeda motor,” kata Ady Hermawan, Anggota DPRD Karimun, Minggu (11/3).

Ia menjelaskan, minimal setiap desa ada 2 motor angkut Tossa, dan nanti akan dikelola oleh unit desa atau BUMDes setempat. Biaya operasional perawatan dan bahan bakar minyak (BBM) diperoleh, dari iuran masyarakat desa yang menggunakan jasa angkutan Tossa.

Selama ini, masyarakat desa kewalahan untuk mengangkut hasil pertanian dan lainnya.

Tossa menjadi salah satu kendaraan alternatif, yang dinilai cocok ditempatkan di desa-desa. Dengan didukung peralatan yang tidak repot, dan membutuhkan biaya besar maka ke depan ini menjadi prioritas usulan bagi Pemkab Karimun yang diakomodir pada tahun 2019 untuk masyarakat. Sebab, ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari desa,” Tambah Ady Hermawan

Ia berharap, peran serta tenaga penyuluh pertanian dan peternakan turun ke desa. Tujuannya, untuk membimbing masyarakat tentang tata cara bercocok tanam untuk mendukung produksi pertanian yang cukup. Sehingga, masyarakat mampu menyuplai sebagai besar hasil pertanian di pasar Karimun.

Demikian halnya dengan peternakan, jika dikelola dengan baik tentunya peternak akan mampu memenuhi 50 persen pasar Karimu khusus untuk ternak ayam kampung, kambing demikian dengan telur ayam ras.

Selain itu, masih ada usulan infrastruktur berupa peningkatan jalan, permintaan pengadaan alat tangkap nelayan dan pengadaan hewan ternak seperti ayam, dan kambing.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here