Triliunan Uang Investor Bertabur di Bintan

0
69
H Apri Sujadi

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi tetap berkomitmen untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada investor, yang ingin menanamkan modal di Bintan. Karena, triliunan rupiah uang investor bertabur di Bintan.

”Triliunan uang investor bertabur di Bintan. Saya juga ingin, pekerja lokal bertabur pula di perusahaan investasi daerah ini,” kata H Apri Sujadi, usai mengikuti pawai taaruf pembukaan MTQ ke-VII Provinsi Kepri di Dabo, Singkep, Lingga, kemarin.

Bupati merasa bangga, ketika Bintan Offshore Marine Centre melakukan peletakan batu pertama di kawasan industri Lobam, Selasa (8/5) kemarin. Investasi baru itu sebagai jawaban untuk menyediakan lapangan kerja bagi putra daerah.

Menurutnya, iklim investasi di Bintan terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data DPMPTSP-Naker Bintan, tahun 2014 jumlah PMA yang masuk ke Bintan sebanyak 179 perusahaan, dengan nilai investasi mencapai 959,9 juta dolar Amerika. Sedangkan PMDN sebanyak 30 perusahaan, dengan nilai investasi melebihi Rp 1,45 triliun.

Tahun 2015, tercatat perusahaan 186 PMA dengan nilai investasi 865,3 juta dolar Amerika, serta 57 PMDN dengan nilai investasi mencapai Rp 1,46 triliun. Tahun 2016, jumlah perusahaan kembali meningkat dengan menyentuh angka 201 PMA, dengan nilai 1,03 juta dolar Amerika, serta 60 PMDN dengan nilai investasi Rp 4,935 triliun. Tahun 2017, jumlah perusahaan investasi semakin meningkat menjadi 223 PMA, dengan nilai investasi 7,7844 juta dolar Amerika. Dan 68 PMDN mencapai Rp 6,7526 triliun lebih.

Februari 2018 lalu, Pemkab Bintan menerima permohonan dua investor asing dengan jenis investasi skala besar PMA. Salah satunya PT Bintan Offshore Marine Centre asal Singapura. Dengan nilai investasi yang ditanamkan, berkisar nilai investasi 13.450.000 dolar Amerika.

”Kita berharap, realisasi investasi triliunan rupiah ini, dapat menjadi angin segar untuk perekrutan tenaga kerja di Bintan. Termasuk juga investasi KEK Galang Batang, kita berharap prioritaskan tenaga kerja tempatan,” tambahnya. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here