Tugboat Tabrakan Dengan Tanker

0
167
Tim SAR dan lainnya mencari korban yang hilang, Kamis (7/2). F-Istimewa

Dua ABK Hilang

TANJUNGPINANG – Tim SAR Tanjungpinang dikerahkan membantu mencari korban tabrakan antara Kapal Tugboat Koi 3 berbendera Sierra Leone dengan Kapal Tanker Shun Sheng di Selat Singapura, Kamis (7/2).

Akibat tabrakan tersebut, dua Anak Buah Kapal (ABK) Tugboat Koi 3 dinyatakan hilang. Yaitu Budi Setiyoko dan Dodi Maulana dalam pencarian.

Kepala Kantor Pencairan dan Pertolongan Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, informasi kecelakaan pelayaraan itu diperoleh dari Maritime and Port Authority (MPA) Singapuara. Dia menuturkan, kejadiannya saat Tugboat Koi 3 sedang menarik kapal tongkang Koi 5 bermuatan pasir di perairan Selat Singapura.

Budi menuturkan, enam ABK Tugboat Koi 3 berkewarganegaraan Indonesia. Untuk data korban yakni Iswahyudi, Syamsu Alam, Karjan dan Setia Budi Damai dalam kondisi selamat. Serta dua orang yang masih pencarian tim.

“Kita terima info dari MPA Singapura untuk empat orang korban selamat telah berada di kapal Swordfish dan dievakuasi ke RS Singapura untuk pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Data kapal Tugboat Koi 3, C/S : 9LU2314, MMSI : 667001511, Bendera Sierra Leone, POB enam orang, rute dari Pasir Gudang Malaysia menuju Tuas, Singapura.

“Tabrakan kapal tugboat dengan kapal tanker di Selat Singapura, Nakhoda dan ABK berjumlah enam orang, empat orang selamat dan dua ABK masih dinyatakan hilang,” katanya.

Untuk mencari korban, kata Budi, pihaknya mengerahkan KN SAR Purworejo ke lokasi. Jarak tempuh dari dermaga Pos SAR Batam 18 Nautical Mile dengan heading 280 derajat arah barat laut.

Prakiraan cuaca cerah berawan, arah angin barat laut dengan kecepatan angin 16 knots, sementara gelombang laut berpotensi hingga 1 meter.

“KN SAR Purworejo dengan 18 orang kru dan rescuer Pos SAR Batam sebanyak lima orang bergerak menuju lokasi kejadian dan membawa peralatan lainnya,” sebutnya.

Adapun unsur SAR yang melakukan pencarian KN SAR Purworejo, KP 2003 Polairud Polda Kepri, Speedboat Lanal Batam, Speedboat MPA Singapore 3, Speedboat MPA Singapore 4 dan Speedboat MPA Singapore 6.

“Pencarian dilakukan Tim SAR gabungan dari Indonesia dan Singapura,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here