Tugu Pancasila Tak Terawat

0
221
Kondisi Tugu Pancasila di samping Gedung Expo Bintan simpang lampu merah Pemedan sebelum dicat ulang, Minggu (10/2). f-istimewa

TANJUNGPINANG – Kondisi Tugu Pancasila yang berada di samping Gedung Expo Bintan atau di simpang lampu merah Pamedan Tanjungpinang tidak terawat dengan baik.

Karena tidak terawat dengan baik oleh pihak terkait, Organisasi Masyarakat (Ormas) Markas Daerah Laskar Merah Putih Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (10/2), turun langsung melakukan mengecat Tugu Pancasila yang memiliki sejarah tersebut.

Kini, Tugu pancasila sudah bersih dan terlihat indah setelah dicat ulang. Terliat tidak kusam lagi. ”Kami memperlihatkan kepedulian sebagai masyarakat Indonesia yang nasionalis dengan mengecat tugu pancasila yang berada di Jalan Basuki Rahmat yang terabaikan kondisinya,” kata Wakil Ketua Laskar Merah Putih Provinsi Kepri, Mohd Hedari, kemarin.

Kata dia, harusnya pihak terkait lebih memperhatikan dan merawatnya, karena tugu Pancasila selain menjadi Ikon Kota mempunyai nilai sejarah di kota ini.

Kondisi lantai disekeliling Tugu Pancasila terlihat kusam karena termakam usia dan tidak tersentuh pemeliharaan.

Dengan kondisi tersebut diharapkan pemerintah segera membenahinya. Diharapkan pihak terkait segera melakukan perbaikan, syukur-syukur di sekitar tugu tersebut diperindah.

Ia juga mengajak masyarakat Tanjungpinang dan masyarakat Kepri untuk sama-sama merawat tugu-tutu yang bersejarah di Tanjungpinang dan Kepri pada umumnya.

”Kita juga minta pemerintah daerah tidak hanya mengerjkan proyek yang besar-besar, tapi tugu yang memiliki sejarah juga harus diperhatian dan dipercantik,” ujarnya.

Kata dia, banyak tugu dan bangunan bersejarah di Tanjungpinang yang perlu di perhatikan. Tugu Pancasila yang berada di simpang lampu merah, kalau tidak dirawat dengan baik, terus mendapatkan pernilaian buruk di tengah masyarakat, karena berada di simpang lampu merah.

”Sekarang tugu Pancasila sudah terlihat cantik karena sudah dicat ulang,” ujarnya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here