Tujangan Dewan Rp 113 Juta Cair

0
479
Ketua dan seKwan: Sekwan DPRD Batam Asril (kiri) bersama Ketua DPRD Nuryanto. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Sekretaris DPRD Batam, Asril menyebutkan semua anggota DPRD Batam sudah menerima tunjangan perumahan dan transportasi. Tunjangan yang sempat tertunggak karena menunggu keputusan Wali Kota atas besaran atau nilainya, dibayarkan sekaligus selama empat bulan. Untuk tunjangan transportasi perbulannya Rp13,5 juta.

Pembayaran tunggakan tunjangan dewan itu diungkapkan Asril, Jumat (29/12) bersama Ketua DPRD Batam di gedung dewan. ”Sudah dibayarkan kalau tunjangan. Dibayarkan sekaligus 4 bulan. Itu belanja tidak langsung, jadi dibayar dari Pemko, dengan sistem transfer. Jadi totalnya tidak tahu,” ungkap Asril.

Demikian, sesuai keputusan Wali Kota Batam, menurutnya nilai tunjangan transfortasi anggota dewan, Rp13,5 juta, dipotong pajak 15 persen. Sementara untuk tunjangan perumahan, anggota mendapatkan Rp14,9 juta, dipotong 15 persen?

”Kalau tunjangan perumahan Ketua DPRD Batam, Rp18,9 juta dan tunjangan perumahan Wakil Ketua DPRD, Rp16,9. Juta,” bebernya.

Sementara untuk mobil dinas, kata Asril, semua sudah dikembalikan anggota dewan. Saat ini pihaknya sedang koordinasi dengan bidang aset dan perlengkapan Pemko Batam, untuk pengembalian Mobdin, namun secara administrasi sudah diserahkan Pemko.

”Secara administrasi, sudah diserahkan ke Sekda dan sedang diproses di bidang aset dan perlengkapan. Tapi fisik masih numpang di sini,” imbuhnya.

Sementara Sekda Batam, Jefridin membenarkan jika tunjangan anggota dewan sudah dibayarkan. ”Tunjangan transportasi dan perumahan sudah dibayar. Untuk mobil dinas yang akan ditarik, akan didistribusikan ke OPD yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurutnya, kemungkinan sebagian bekas mobdin dewan akan dilelang. Namun mereka harus memeriksa kelayakan untuk penggunaanya dulu sebagai mobil dinas. ”Secara ekonomis kalau dihitung merugikan, kenapa tidak dilelang. Tapi kalau masih layak dan tidak merugikan, digunakan. Tapi karena untuk bensin, akan dialokasikan nanti,” ujarnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here