Tujuh Tower Dibangun Kemenkominfo

0
600
Jeprizal

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas mendapatkan bantuan 7 Tower perbatasan, dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo).

ANAMBAS – Dari jumlah keseluruhan, sebanyak dua tower sudah selesai dikerjakan pada bulan Desember 2017 silam. Sedangkan sisanya 5 tower lainnya dalam progres pekerjaan.

Adapun titik yang dipasang tower tersebut berada di Desa Rewak, Desa Belibak, Desa Batu Belah, Desa Mengkait, Desa Munjan dan terakhir di Desa Air Putih. Adapun desa yang sudah selesai dibangun, dan telah diaktifkan yakni Desa Batu Belah dan Desa Munjan.

”Alhamdulilah, Pemkab Anambas mendapatkan 7 titik pemasangan tower perbatasan dan itu program dari pihak KementerianKominfo,” kata Jeprizal, selaku Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kepulauan Anambas ketika ditemui, Jumat (2/3).

Menurutnya, pemenang tender berdasarkan petunjuk dari pihak Kementerian Kominfo yakni PT Aprilia Teknologi. Tower itu akan bisa difungsikan, setelah pemasangan visat oleh pihak operator yang akan bekerjasama dengan Pemerintah Pusat. Informasi yang ia dapat, bahwa pihak operator yang dimaksud adalah dari Telkomsel.

”Kapasitas hanya dapat untuk melakukan telekomunikasi jaringan 2G, dan aplikasi Whatshaap bisa diakses. Kalau untuk brosing akses internet, yakni Facebook aplikasi lainnya belum bisa digunakan,” jelasnya.

Jeprizal menambahkan, Tower tersebut menggunakan solar sel dan memiki ketinggian mencapai 32 meter dari permukaan. Ia memastikan, jangkauan sinyal akan bisa terjangkau ke seluruh lingkaran desa itu masing-masing.

Pemasangan tower itu, lanjutnya, berdasarkan koordinasi pihak kontraktor sekitar 15 hari kerja sudah selesai. Diperkirakan, pada bulan Maret 2018 sudah rampung dan menunggu pemasangan perangkat visat dalam pengaktifan sinyal.

”Saya berharap semua bisa berjalan lancar tanpa kendala. program dari Kemenkominfo bisa dikatakan sukses menjangkau jaringan telekomunikasi ke pelosok desa yang berada di daerah perbatasan,” tuturnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here