Tumbuhkan Partisipasi Anak Melalui Jambore

0
461
Para peserta lomba jambore tingkat kelurahan Tanjungpinang.f-mia/mahasiswa magang

TANJUNGPINANG- Untuk meningkatkan motivasi, partisipasi dan semangat kreativiatas anak-anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang melaksanakan jambore.

Kegiatan itu diikuti forum anak kota Tanjungpinang yang dilaksanakan di lapangan Pamedan, Minggu (18/11). Acara tersebut dihadiri Sekda Tanjungpinang, Riono beserta beberapa pejabat lainnya. Kegiatan jambore tersebut terdiri dari berbagai kegiatan, diantaranya perlombaan.

Panitia merencanakan lomba epilepsi pakaian alam, lomba balap egrang, balap tempurung, merangkai kata bijak, telusuri jejak harta karun, menganyam daun kelapa, mendongeng serta lomba menari dan menyanyi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani menuturkan, melalui kegiatan ini, melibatkan anak-anak terlibat langsung dalam berbagai kegiatan yang mengasah kreativitas.

Baca Juga :  Cabuli Empat Pelajar, Dua Predator Anak Ditangkap

Dituturkannya, dasar pelaksanaan kegiatan ini termuat dalam Undang-Undang no 4 tahun 1979 tentang kesejahteraan anak, undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Keputusan Presiden nomor 36 tahun 1990 tentang Pengesahan Konfensi Hak Anak dan SK Kepala Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan masyarakat Kota Tanjungpinang no 57 Tahun 2018 tentang Kegiatan Jambore Forum Anak Kota Tanjungpinang.

Ahmad Yani menuturkan, peserta adalah utusan Forum Anak Tanjungpinang dari masing-masing kelurahan yang mengirimkan 10 orang.

Baca Juga :  Warga Diminta Pahami Progam Prona di BPN

Hanya saja, 15 kelurahan yang mengirimkan anggota dari 18 kelurahan yang ada di Tanjungpinang. ”Anggota forum anak dari tiga kelurahan lainnya tidak mengirimkan peserta untuk ikut,” tutur Ahmad Yani. Ditambahkannya, bagi pemenang dalam setiap perlombaan, diberikan medali. Peserta yang paling banyak meraih emas akan menjadi juara umum.

”Panitia menyiapkan piala, uang pembinaan serta sertifikat bagi peserta juara umum,” imbuhnya. Terkait dewan juri, ia menuturkan berasal Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang, Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang dan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Tagihan Listrik Membengkak

Terkait tiga kelurahan yang tak mengikuti sertakan peserta, Sekda Kota Tanjungpinang Riono menuturkan akan memberi teguran melalui camat masing-masing.

”Kalau saya tak salah diantaranya Kelurahan Tanjungpinang Kota, Kelurahan Sungai Jang dan Kelurahan Tanjung Ayun Sakti yang perlu ditegur,” tuturnya.(mia/enie)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here