Tunggakan PBB ke Kades dan Lurah

0
286
Bupati Karimun Aunur Rafiq menyerahkan SPT PBB PP kepada Kepala Desa-Lurah Se Pulau Kundur, Moro dan Durai.Hl

KARIMUN – Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Karimun menyerahkan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan Perkotaan (SPT PBB PP) tahun 2018, Kamis (5/4) kemarin. Surat tunggakan periode pertama dibagikan kepada lurah, desa se Kecamatan di Pulau Kundur, Moro dan Durai.

Jumlah SPT PBB PP yang diterbitkan mencapai 77.787 lembar. Sementara nominal yang ingin dicapai sekitar Rp11, 3 miliar. Penyerahan SPT PBB PP dilakukan Bupati Karimun Aunur Rafiq di Balai Gading Sari, Kundur.

Kata Aunur Rafiq Diharapkan seluruh wajib pajak bisa membayar PBB PP sebagai kontribusi kepada pemerintah daerah.

PBB PP merupakan salah satu dari sebelas kewenangan pengelolaan yang diberikan pemerintah pusat kepada daerah. Dimana PBB PP menjadi salah satu sumber pendanaan pembangunan melalui Pendapatan Asli Daerah yang harus digali.

PBB PP sudah 100 persen menjadi kewenangan pemerintah daerah. Maka dari itu, potensi ini terus digali untuk pembiayaan pembangunan di kecamatan, desa, dan kelurah melalui hasil pembayaran PBB PP.

Jika PBB PP tidak dikelola dengan serius, maka berimbas pula terhadap pembiayaan kegiatan pembangunan. Termasuk kegiatan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD). PBB PP tidak hanya menjadi tugas Bapenda, tapi kita semua. Artinya semua harus memiliki komitmen yang sama dalam menggali potensi PAD melaui PBB PP. Sehingga pembiayaan kegiatan pembangunan terus terlaksana.

Di tempat yang sama, Kepala Bapenda Kamarulazi menjelaskan, target pendapatan daerah dari PBB PP selalu mengalami peningkatan setiap tahun. ”Ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk membayar PBB PP cukup tinggi,” kata Kamarulazi.

Untuk tahun 2015 terealisasi sebesar Rp5,2 miliar dari target Rp4,7 miliar. Sedangkan realisasi tahun 2016 sebesar Rp5,2 miliar dari target sekitar Rp5,1 miliar. ”Di tahun 2017, realisasi PBB PP mencapai sekitar Rp7 miliar lebih. Dengan diterbitkan sebanyak 77.787 SPT PBB PP, kita targetnya pendapatan mencapai Rp11,3 miliar lebih,” jelasnya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here