Tunjangan 14 dan 13 Tidak Sebulan Gaji

0
1375

Guru SMA-SMK akan Datangi Kantor Disdik

TANJUNGPINANG – Para guru SMA dan SMK sederajat yang berstatus PNS di Kepri berencana mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Kepri. Mempertanyakan, kenapa besaran tunjangan 14 dan 13 para guru tidak sama dengan ASN struktural di lingkungan Provinsi Kepri.

Terkait hal ini, Ketua PGRI Kepri, HZ Dadang AG mengaku belum menerima informasi secara resmi para guru akan mendatangi Kantor Disidik Kepri. Hanya saja, terkait besaran tunjangan guru yang tidak sama dengan PNS struktural di lingkungan Pemprov sudah diketahuinya, namun belum ada yang menceritakan secara rinci.

“Dalam grup WhatsApp kami memang ada beberapa guru yang membahas ini, namun tidak ada yang menceritakan secara rinci. Tapi jika diminta untuk memediasi sebagai Ketua PGRI Kepri, siap menjembatani,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (19/7).

Dituturkannya, jika para guru merasa tidak sesuai besaran tunjangan 14 dan 13 dapat disampaikan, agar di komunikasikan. “Tidak masalah jika ingin disampaikan agar semuanya jelas,” tuturnya.

Kepala Bidang SMA Disdik Kepri, Atmadinata juga mengaku menerima aduan tersebut dari beberapa guru. Hanya saja, teknis persoalannya menurutnya tidak berada dibidangnya.

“Beberapa guru ada yang menyampaikan, tapi kami arahkan langsung bertanya ke teknisnya bendahara dinas. Biar tidak salah memberikan penjelasan karena ini terkait uang,” ucapnya.

Bila dianggap tidak sesuai, maka persoalan itu bisa ditanyakan secara langsung ke bidang terkait.

“Daripada ada prasangka buruk, lebih bagus ditanyakan langsung. Biar bidang terkait yang memberikan penjelasannya,” tuturnya.

Seperti diungkapkan salah satu guru SMK yang enggan namanya disebutkan, menurutkan bahwa tunjangan 14 dan 13 yang diterima hanya gaji pokok. berbeda dengan PNS struktural di lingkungan Pemprov yang menerima gaji pokok disertai tunjangan kinerja melekat dan lainnya.

“Kami sudah sepakati akan pertanyakan ini, tapi masih tahap komunikasi sesama guru SMA dan SMK se Kepri,” tuturnya.

Menurutnya, Pemprov tidak adil karena besaran tunjangn 14 dan 13 tidak sama dengan PNS di lingkungan struktural. Yaitu sama dengan satu bulan gaji PNS disertai haji pokok, tunjangan kinerja serta tunjangan lainnya.

Berbeda juga dengan para guru SMP dan SD di kabupaten-kota di Kepri, formula pemberian tunjangan 14 dan 13 sama dengan PNS struktural masing-masing
daerah. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here