Tunjangan Guru Anambas Tertinggi

2
2461
Guru SMKN 1 Tanjungpinang menjelaskan mata pelajaran saat proses belajar mengajar di dalam kelas di sekolah itu, belum lama ini.F-suhardi/TANJUNGPINANG POS

Kepsek, Pengawas dan Golongan IV Rp 6,4 Juta Sebulan

Tunjangan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di Kabupaten Anambas tertinggi di Provinsi Kepri dibandingkan 6 kabupaten/kota lainnya. Rata-rata, tunjangan guru golongan IV, kepala sekolah dan pengawas sekolah sekitar Rp 6,4 juta per bulan.

TANJUNGPINANG –¬†BERDASARKAN data yang diperoleh Tanjungpinang Pos dari Komisi IV DPRD Kepri yang membidangi pendidikan, tunjangan guru paling rendah di Anambas Rp 3,45 juta sebulan untuk golongan I. Sedangkan tunjangan guru golongan II Rp 4,15 juta sebulan. Tunjangan guru golongan III Rp 5,9 juta per bulan. Inilah tunjangan untuk guru, kepala sekolah dan pengawas SMA sederajat di Kecamatan Jemaja/Jemaja Timur.

Baca Juga :  Tiap Kelas Punya Kebun

Ketua Komisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara mengatakan, mengingat tunjangan guru di Anambas dan Batam sudah tinggi, maka kenaikan tunjangan tidak menyesuaikan tahun 2018 ini di dua daerah tersebut. Sedangkan lima kabupaten lainnya dilakukan penyesuaian tunjangan karena kini SMA sederajat sudah menjadi kewenangan provinsi sesuai UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Masih dari data yang sama, tunjangan guru, kepala sekolah dan pengawas di Anambas paling tinggi di Kecamatan Jemaja/Jemaja Timur. Tunjangan yang diberikan tidak disamaratakan di tiap-tiap kecamatan, tergantung jaraknya tempuhnya dan kondisi daerah itu.

Di Siantan, tunjangan kepala sekolah dan pengawas SMA/SMK dan guru golongan IV sama yakni Rp 5,7 juta per bulan. Tunjangan guru golongan III Rp 5,2 juta sebulan. Tunjangan guru golongan II Rp 3,45 juta per bulan dan tunjangan guru golongan I Rp 2,75 juta per bulan. Di Palmatak/Siantan Tengah, tunjangan pengawas SMA/SMK, kepala sekolah dan guru golongan IV Rp 6,2 juta per bulan. Tunjangan guru golongan III Rp 5,7 juta per bulan, tunjangan guru golongan II Rp 3,95 juta per bulan dan tunjangan guru golongan I Rp 3,25 juta per bulan.

Baca Juga :  Optimis 2020 Seluruh Sekolah Berbasis UNBK

Adapun tunjangan kepala sekolah, pengawas SMA/SMK dan guru golongan IV di Siantan Timur/Selatan Rp 6,3 juta per bulan. Tunjangan guru golongan III Rp 5,8 juta per bulan, tunjangan guru golongan II Rp 4,05 juta per bulan dan tunjangan guru golongan I Rp 3,35 juta sebulan.

Mulai tahun 2018 ini, Pemprov Kepri melalui Dinas Pendidikan Pemprov Kepri menaikkan tunjangan guru, kepala sekolah dan pengawas termasuk pegawai sesuai Surat Keputusan Gubernur Kepri No.15 tahun 2018 tentang Tambahan Penghasilan Prestasi Kerja dan Kondisi Kerja Pengawas, Guru dan Tenaga Kependidikan Aparatur Sipil Negara pada SMAN/SMKN/SLBN Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Tahun Anggaran 2018. Kenaikan tunjangan ini mulai diberlakukan Maret ini.(MARTUNAS)

Loading...

2 KOMENTAR

  1. Harusnya pemerintah provinsi kepri juga memberi perhatian lebih untuk guru2 yg mengabdi di pulau2 terdepan NKRI, sebagai contoh guru2 di kepulauan Natuna, yang mana kepulauan Natuna berada di ujung utara, paling jauh di bandingkan anambas. Tatapi mengapa guru2 di Natuna tunjangannya malah lebih kecil..

  2. Seharusnya pemerintah provinsi berlaku adil kepada guru, khususnya guru2 yang mengabdi di pulau2 terdepan NKRI, contohnya kepulauan Natuna, secara geografis Natuna berada di ujung utara dan jika di lihat pada peta maka posisinya lebih jauh daripada Anambas, tapi mengapa tunjangan guru di Natuna malah lebih kecil…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here