Tunjukkan Kreasi Siswa ke Orangtua

0
163
PENYERAHAN piagam penghargaan kepada pemenang lomba saatt acara Expo Pendidikan yang digelar AR Aluswah Tanjungpinang di Jalan DI. Panjaitan Masjid Besar Aluswah Batu 10, Sabtu (16/3) f-istimewa

RA Aluswah Tanjungpinang Gelar Expo Pendidikan

Pihak RA Aluswah Tanjungpinang menggelar Expo Pendidikan di sekolah itu di Jalan DI. Panjaitan Masjid Besar Aluswah Batu 10, Sabtu (16/3). Salah satu tujuannya untuk menunjukkan kreasi siswa pada orangtua.

TANJUNGPINANG – ACARA ini dibuka Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul. Wako bangga dengan hadirnya sekolah tersebut di Tanjungpinang. Inilah salah satu RA yang berbasis ilmu keagamaan.

Syahrul mengatakan, pendidikan agama sangatlah penting bagi para generasi muda khususnya pendidikan agama yang perlu dikenalkan sejak dini.

Orangtua saat ini juga sudah menyadari dan berminat memasukkan anaknya ke pendidikan dini Islam. Itu artinya, mainset orangtua dan wali santri sudah berubah untuk memberikan pendidikan dasar agama bagi anak-anaknya.

Ia juga berharap orangtua dapat bekerjasama dengan guru dalam membentuk karakter anaknya. Sebab, peran orangtua juga sangat penting dalam pembentukan karakter anaknya, bukan hanya sekedar menitip anaknya ke sekolah saja.

Kepala RA Aluswah, Dwi Afriliyana Syari SPd.I mengatakan, kegiatan Axpo Pendidikan dilakukan sekali dua tahun. Ini merupakan program kerja mereka. Expo Pendidikan ini dilakukan dengan berbagai tujuan.

”Tujuannya untuk sosialisasi dan promosi sekolah kepada masyarakat. Menampilkan apa saja hasil pembelajaran anak yang dilakukan selama sekolah. Sehingga orangtua tahu apa yang dilakukan anaknya di sekolah selama belajar,” ujar Dwi kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Ada tiga kegiatan yang dilakukan saat Expo Pendidikan tersebut yakni, Pertunjukan Alat Peraga Pendidikan. Pentas Seni Anak-anak dan Bazar.

Pertunjukan alat peraga pendidikan ini adalah salah satu pembelajaran bagi siswa selama belajar di sekolah. Alat peraga pendidikan itu terbuat dari barang bekas. Dan itu hasil karya guru-guru di RA tersebut.

”Saat pembuatan alat peraga ini, guru melibatkan siswanya. Misalnya membuat alat peraga pendidikan tentang alam atau lingkungan hidup. Salah satunya adalah pohon. Sambil membuat alat peraga ini, guru memberi pelajaran pada siswa tentang pohon dan manfaatnya bagi alam dan manusia. Saat membuat alat peraga ini. siswa ikut berpikir kreatif.

Untuk pentas seni, anak-anak tampil di atas panggung. Mereka menunjukkan kemampuannya baik itu bernyanyi, memainkan kompang, drumband dan jenis keterampilan lainnya.

Salah satu yang terpenting dalam pentas seni ini adalah melatih mental siswa untuk tampil di depan umum. Sehingga, ke depan anak-anak ini sudah terbiasa tampil di depan umum. Tidak grogi lagi dan akan maksimal menunjukkan kemampuannya di atas panggung yang lebih besar lagi.

Sedangkan bazar ini diikuti berbagai elemen masyarakat. Bukan hanya yang menyangkut pendidikan, pedagang juga ikut. Bazar ini bagian dari ekonomi sosial. Setidaknya siswa bisa sedikit paham tentang ekonomi.

Dwi menabahkan, dua minggu sebelum Expo Pendidikan itu, mereka sudah menggelar berbagai lomba seperti lomba mewarnai tingkat Kelompok Bermain (KB) dan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) se-Kecamatan Tanjungpinang Timur yang diikuti 39 peserta.

Kemudian ada juga lomba menggambar poster dengan tema Ramadan yang diikuti RA se-Tanjungpinang. Adapun jumlah RA di Tanjungpinang sebanyak 21. Ada juga lomba fotogenik keluarga khusus orangtua siswa RA Aluswah Tanjungpinang.

Suasana sekolah nampak meriah saat itu. Orangtua siswa tak mau ketinggalan. Mereka hadir untuk mendukung anak anaknya yang mengikuti berbagai kegiatan. Sebanyak 98 anak didik RA Aluswah nampak gembira dengan adanya kegiatan itu.

April, Wisuda 60 Siswa
RA Aluswah berdiri sejak 2003. kini, usianya sudah 19 tahun. April depan, anak didik angkatan ke-18 akan diwisuda sebanyak 60 orang. ”Yang akan diwisuda nanti kelompok B. Yang mau masuk SD. Kelompok A masih ada 39 orang lagi,” tambahnya.

RA Aluswah merupakan salah satu sekolah di bawah Yayasan Bina Insan Sakinah (YBIS) Tanjungpinang. Khusus untuk RA, di bawah binaan Kemenag. Sedangkan TK di bawah binaan Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang.(MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here