Turis Meningkat, Warga Perkuat Gotong-royong

0
36
PIHAK Kecamatan Jemaja dan masyarakat bersama-sama membersihkan sampah di pantai Pulau Berhala. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Meningkatnya kunjungan wisatawan mancanegara (Wisman) dan domestik yang berkunjung di Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas dua bulan terakhir ini tentunya tak lepas dari dukungan semua pihak termasuk masyarakat.

Untuk itu, pihak Kecamatan Jemaja diminta oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Peduli Lingkungan (Germilang) untuk mengajak seluruh elemen menjaga lingkungannya masing-masing di desa.

Baik itu masyarakat desa, maupun warga yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) masing-masing desa.

Edi Candra, selaku Ketua LSM Germilang, Selasa (28/8) juga tidak ingin melihat dan mendengar ada turis asing memberikan sejumlah uang kepada anak-anak agar dapat memungut sampah yang berserakan itu lagi.

Hal itu dianggapnya sebagai tamparan keras dari wisman, yang berkunjung di Pulau Jemaja artinya kebersihan itu peran paling penting dalam mendorong pembangunan pariwisata di Anambas.

”Tentu kita malu dengan apa yang dilakukan oleh Wisman kemarin. Kita harus bekerja sama semua pihak, paling utama itu dari masyarakat itu sendiri,” ucap Edi.

Ia berharap budaya gotong-royong harus menjadi ujung tombak, dalam mencapai kebersihan lingkungannya masing-masing.

Edi juga tegaskan, jangan menunggu ada anggaran dari Pemda barulah kita mulai membersihkan lingkungan atau membersih sampah.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan sejumlah pihak seperti kecamatan, Pokdarwis atau pegiat lingkungan untuk melakukan sosialisasi tentang kebersihan lingkungan.

”Kami akan ajak seluruh elemen masyarakat, untuk bergotong royong bersama-sama dalam menjaga kebersihan di lingkungan. Perlahan masyarakat juga akan mengerti tentang kebersihan itu. Target kita sampah yang ada di pesisir pantai itu diminimalisir,” sebut dia.

Ia juga menyampaikan, kemarin pihak Kecamatan Jemaja bersama unsur Muspida di Jemaja telah melakukan kegiatan bersih-bersih di pantai yakni tepatnya di pantai Pulau Berhala.

Selain itu, juga melakukan membersihkan sampah di pantai Kusik dan masyarakat di sana cukup antusias menjaga kebersihan pantai. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here