Turis Tiongkok Keliling Pulau Bintan

0
208
PILOT, pramugari dan turis Tiongkok disambut di Bandara RHF Tanjungpinang, Minggu (11/2) malam. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebanyak 189 wisatawan mancanegara (Wisman) asal Tiongkok kembali mengunjungi Kepri. Para wisman ini tiba di Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang sekitar pukul 22.30 WIB, Minggu (11/2) malam.

Ratusan wisman ini diangkut menggunakan maskapai Sriwijaya Air Boeing 737 800NG dengan kapasitas sebanyak 189 kursi. Ini merupakan kunjungi carteran kedua para wisatawan Tiongkok dimana sebelumnya, maskapai Citylink juga mengangkut penumpang carteran warga negara tirai Bambu tersebut.

”Ini merupakan kunjungan perdana carteran yang diangkut maskapai Sriwijaya di bulan Februari ini. Karena di bulan ini ada sebanyak 12 flight, layanan penerbangan langsung dari Tiongkok ke Bintan,” terang General Manager (GM) Bandara RHF Tanjungpinang, Hotasi Manalu kepada wartawan, malam itu.

Di kesempatan berbeda, E Presley L Sumanti, Distrik Manager (DM) Sriwijaya Air Tanjungpinang menambahkan, kedatangan turis wisman Tiongkok ini berlanjut sampai dua belas kali.

Dirinya menjelaskan, penerbangan ini dilakukan dari Hangzhou dan Ningbo langsung ke RHF, melalui penerbangan carteran dengan tujuan destinasi Bintan dan Tanjungpinang selama kurun waktu empat hari.

Ini sekaligus menjadi bagian dari upaya Sriwijaya Air membantu Kementerian Pariwisata Indonesia dalam mencapai target jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia yakni 17 juta wisman untuk tahun 2018.

”Pada tahun lalu Sriwijaya Air tercatat telah mengangkut kurang lebih 800 ribu pelanggan dari Tiongkok ke Indonesia. Ke depan kami masih akan terus melakukan ekspansi dan dengan adanya dukungan dari pemerintah kami optimis dapat mencapai angka yang jauh lebih besar lagi sehingga target di tahun 2018 dapat terealisasi,” lanjutnya

Dirinya menceritakan, adapun jadwal penerbangan yang dilakukan berangkat dari Bintan pukul 10.55 LT dan akan tiba di Hangzhou pada pukul 17.00 LT. Sedangkan untuk jadwal penerbangan sebaliknya adalah berangkat dari Hangzhou pukul 18.15 LT dan akan tiba kembali di Bintan pukul 22.25 LT.

Sedangkan untuk penerbangan Bintan- Ningbo PP akan dioperasikan mulai 13 Februari 2018. Untuk jadwal penerbangannya yakni berangkat dari Bintan pada pukul 08.00 LT dan akan tiba di Ningbo pada pukul 14.05 LT. Sedangkan untuk penerbangan sebaliknya yakni berangkat dari Ningbo pukul 15.10 LT dan akan tiba kembali di Bintan pada pukul 19.20 LT.

Turut hadir Asisten II bidang Ekonomi Pembangunan Pemprov Kepri Syamsul Bahrum. Syamsul menambahkan, pemerintah harus terus mendorong, memfasilitasi para pengusaha penerbangan untuk terus mengembangkan ekspansinya.

Syamsul menyampaikan, terkait animo kunjungan carteran yang berasal langsung dari Tiongkok ini tentunya disambut respon positif Gubernur Nurdin Basirun.

Yang menjadi titik fokus pemerintah saat ini adalah, bagaimana membangun serta mengembangkan sektor pariwisata yang memang layak dan bernilai jual tinggi serta bergengsi.

”Yang tengah digesa pak gubernur saat ini adalah, penataan Teluk Keriting, dan Tepilaut. Kalau nanti penataan itu sudah selesai, kita akan merasakan, bahwa disinilah, di ibu kota inilah ruhnya, Kepri,” tambahnya.

Di satu sisi, dirinya juga menyampaikan bahwa pemerintah bertekad berkoordinasi dengan kementerian/lembaga terkait layanan reguler Tanjungpinang ke berbagai negara.

”Insya Allah secepatnya kita upayakan, apa kendala yang menghambat ini regulasi ini,” terang Syamsul Bahrum.

Pantauan di lapangan, kedatangan wisman Tiongkok langsung disambut tarian khas Melayu Kepri. Tak hanya itu, turut hadir, pejabat Imigrasi Kanwil KemenkumHAM Kepri, pejabat Sriwijaya Group Jakarta. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here