Turunkan Harga Beras

0
403
Pekerja pelabuhan saat menurunkan Beras Bulog dari kapal di Pelabuhan Batu 6 beberapa waktu lalu. f-dokuen/tanjungpinang pos

MBS Sedih way beras raskin bulog 3 bulan cocok untuk ayam warnanya kuning bedebu bauk lg kok tak ada respon dr aparat tlglah masy tak mampu. Mau beli beras premium harganya terlalu mahal, tolong cari solusinya pak agar warga kepri bisa menikmati beras yang bagus dengan harga yang murah.
082173803655

TANGGAPAN:
Harga beras hasil panen dalam negeri cukup mahal setelah tiba di Kepri. Hal itu dikarenakan ongkosnya cukup mahal yang berpengaruh pada harga beras itu sendiri. Karena beras daerah yang sampai ke Kepri harus melalui banyak jalur. Kemudian, setelah tiba di pelabuhan, banyak lagi biaya yang dikeluarkan baik itu untuk bongkar muat.

Biaya lainnya adalah transportasi lalu ke gudang distributor. Dari gudang ke grosir, lalu ke pedagang pasar. Jika sampai ke pedagang kecil (warung), harganya makin mahal lagi. Salah satu cara membuat harga beras menajdi murah yakni dengan cara impor. Permohonan impor beras ini yang sedang kita ajukan ke pemerintah pusat dengan harapan bisa direalisasikan

Karena itu, Kepri berharap kebijakan seperti lima tahun lalu diberlakukan lagi. Keran impor beras ke Kepri harusnya dibuka. Selama ini, Pemko Batam sering menyerukan agar dibuka impor beras ke Batam. Namun, karena persoalan beras juga dialami daerah lainnya di Kepri, akhirnya permintaan impor beras diminta diberlakukan untuk Kepri.

Pemprov Kepri juga mengajukan agar beras impor dibuka untuk kabupaten/kota lain di Kepri. Harapannya, ketersediaan beras di Kepri bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Pemprov sudah berangkat ke Jakarta untuk rapat dengan Komisi VI DPR RI, terkait dengan impor beras itu, sebelum kemudian batal. Namun dalam waktu dekat ini, kami akan ke Jakarta lagi. Ketua Komisi VI DPR RI Teguh Juwarno sudah mengatakan, impor beras diperlukan lantaran terjadi ketidaksinkronan data produksi beras dengan konsumsi beras. (mbb)

Nurdin Basirun
Gubernur Kepri

TANGGAPAN:
Stok beras di Batamjuga kini sudah memprihatinkan. Ini berpotensi memicu kenaikan harga. akhir Februari 2018, stok beras di Bulog tinggal 1.254,62 ton dan di 15 distributor tersedia 3.136.40 ton. Sementara kebutuhan perbulan 9.409,17 ton per bulan. Kita belum dapat data stok beras terbaru. Kita harap, pengusaha lokal di Batam bisa mendapat izin impor beras dari Kementerian Perdagangan.

Pelaku usaha, distributor beras di Batam mesti cepat mencari solusi. Kita harapkan distributor bisa mendatangkan beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Kita juga minta, dari ratus ribu ton beras yang diimpor kementerian, bisa disalurkan langsung di Batam.

Keberadaan izin tersebut bisa menekan biaya logistik. Sementara saat ini, belum ada pelaku usaha di Batam yang mendapat izin untuk itu. Ini semata-mata supaya jalan beras dari negara asal ke Batam itu satu jalan. Kalau dari kementerian kan mesti ke pusat dulu berasnya, baru dikirim ke daerah.

Pemko sudah menyurati pemerintah pusat agar memberikan izin impor terbatas. Untuk mendatangkan beras dari Cipinang, biaya transportasinya sangat tinggi. (mbb)

Amsakar Achmad
Wakil Walikota Batam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here