Uang Korupsi Perusda Dikembalikan

0
431
KAJARI Natuna Juli Isnur bersama jajarannya saat rilis pers pengembalian uang negara hasil dari tindak pidana korupsi di Perusahaan Daerah. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Kajari Natuna Juli Isnur menegaskan, dua kasus tindak pidana korupsi yang sudah ditingkatkan ke tahap penyelidikan yaitu Pembebasan Lahan Masjid Agung dan Perusahaan Daerah Kabupaten Natuna. Satu diantaranya dilakukan tindakan pencegahan (Preventif), dengan mengembalikan uang yang dikorupsi.

NATUNA – Ia mengatakan, tindakan preventif yang dilakukan pada kasus Tipikor di Perusahaan Daerah tersebut yakni para direksi serta badan pengawas telah berinisiatif untuk mengembalikan sejumlah uang sebesar Rp774,446,940.

”Pada kasus tipikor di Perusda, kita lakukan tindakan preventif dengan niat baik untuk mengembalikan uang itu dalam kurun waktu seminggu. Makanya, kasus itu pun tidak dilanjutkan ke tahap selanjutnya,” kata Juli Isnur, Kajari Natuna pada jumpa pers di ruang kerjanya, Selasa (22/5).

Juli Isnur menjelaskan, proses penyelidikan yang dilakukan oleh jampidsus Natuna dan bukti hasil temuan dari Inspektorat Kabupaten Natuna. Sudah jelas, bisa saja kasus tersebut ditingkatkan ke tahapan selanjutnya.

Penyelidikan yang dilakukan sejak Januari 2014 sampai Oktober 2016, didapatkan sejumlah indikasi dugaan korupsi pada pengelolaan keuangan Perusda. ”Kita masih memberikan kesempatan kepada jajaran direksi, maupun dewan pengawas perusda pada kasus ini,” ungkapnya.

Ia juga berpesan, agar dengan kepengurusan Perusda yang baru bisa lebih berhati-hati dalam pelaksanaan pengelolaan keuangannya dan meminta agar selalu berkoordinasi dengan Kejaksaan.

”Kita sarankan ke depannya, pihak perusda untuk selalu bisa berkoordinasi dengan M Bimo P Nugroho Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kajari Natuna. Kalau bisa dibuat MoU supaya dalam pengelolaan uang bisa lebih terinci, dan tidak menyalahi aturan dan perundang-undangan yang berlaku,” sarannya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here