Uang Makan Pegawai Siap-siap Kena Potong

0
718
SEORANG pegawai di lingkungan Setdakab Bintan melakukan finger print, pada jam masuk kerja, Senin (5/2) pagi.F-ISTIMEWA/kominfo bintan

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi mengeluarkan Surat Edaran Nomor 800/KD/300 tentang penegakan disiplin dan kewajiban mematuhi jam kerja bagi ASN. Uang makan maupun tunjangan bagi pegawai siap-siap kena potong, jika melanggar kedisiplin penggunaan sistem sidik jari (finger print) untuk absensi pagi dan sore hari.

Absensi ASN melalui sistem sidik jari ini akan diberlakukan secara bertahap. Untuk awal, dijalankan oleh pegawai di lingkungan Setdakan Bintan, Senin (5/2) kemarin. Selanjutnya, akan diberlakukan untuk seluruh OPD di lingkungan Pemkab Bintan.

Baca Juga :  Pegawai yang Antar Anak, Dapat Izin

”Absensi sidik jari ini, salah satu upaya terkait meningkatkan kedisiplinan ASN. Bagi yang melanggar nantinya, siap-siap kena potong uang makan dan tunjangannya,” ujar H Apri Sujadi, kemarin.

Dalam edaran tersebut juga mengatur perihal seorang ASN yang memiliki jam kerja sebanyak 37 jam 30 menit, selama 5 hari kerja. Bagi pegawai honor maupun ASN yang tidak melaksanakan jam kerja, wajib melampirkan bukti tertulis berupa Surat Perintah Tugas, surat keterangan cuti, surat sakit atau surat persetujuan dari kepala bagian maupun pimpinan.

Baca Juga :  2020, Penyerahan Bantuan Perlengkapan Sekolah Dipercepat

”Ada mekanisme yang akan mengatur terkait sanksi ASN yang tidak menjalankan sistem finger print tersebut,” ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Bintan Irma Annisa mengatakan, hasil perekaman sidik jari absensi ASN tersebut, akan dijadikan sebagai dasar untuk evaluasi kinerja. Tidak saja bagi ASN, tapi juga diberlakukan bagi pegawai non ASN.

”Setelah melakukan absen di finger print, nama-nama pegawai akan secara otomatis muncul pada monitor. Sesuai PP 53/2010 tentang disiplin ASN, akan ada diberikan sanksi,” tutupnya.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here