Uang Robek Bisa Ditukar ke Bank

0
300
Salah satu warga saat melakukan transaksi di salah satu bank di Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Bank Indonesia (BI) menyarankan kepada masyarakat untuk tidak menggunakan uang yang sudah lusuh maupun sobek saat melakukan transaksi. Apabila memiliki uang lusuh maupun sobek, masyarakat bisa langsung menukarkan uangnya ke bank terdekat. Sehingga uang tersebut bisa ditukar langsung dengan yang baru.

”Penukaran uang sobek tetap dilayani oleh bank. Tukar saja uang lusuh maupun sobek dengan uang baru. Kalau tidak bisa, lapor saja ke kita (BI, red),” kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putra kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (3/6).

Gusti mengatakan, uang mudah sobek dan lusuh, kemungkinan uang yang dimiliki masyarakat sudah pernah basah (kena air). Kemudian, bisa jadi uang tersebut sudah disimpan terlalu lama. Selain itu, meletakkan uang tidak pada tempatnya sehingga uang tersebut mudah lusuh.

Untuk menghindari itu semua, ia minta kepada masyarakat untuk melakukan lima jangan. Jangan mencoret uang, jangan melipat uang, jangan membasahi uang, dan jangan menstaples uang.

”Saya yakin, kalau masyarakat terapkan lima jangan ini, pasti kondisi uang bisa tahan lama, tidak mudah sobek dan lusuh,” ucap Gusti.

Selain itu, Gusti juga mengimbau kepada pengurus masjid maupun surau untuk membuat lubang kotak infak yang lebar. Agar uang yang dimasukkan oleh masyarakat ke kontak infak tidak mudah sobek. Kata dia, selama ini pengurus masjid maupun surau selalu membuat lubang kotak infak selalu kecil. Lubang tersebut sangat sempit, saat masyarakat memasukan uang ke kotak infak sangat sulit akibatnya uang dilibat.

”Buat saja lubang kotak infak itu selebar uang agar uangnya mudah masuk dan tidak sobek. Alhamdulillah, ada masjid di Batam sudah menerapkan ini. Ya, mudah-mudahan di semua masjid maupun surau mau menerapkan ini semua, termasuk di Tanjungpinang dan daerah Kepri lainnya,” harap dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here