Ubi Rebus Disajikan saat Germas

0
709
LEPAS BALON: Bupati Anambas Abdul Haris melepas balon saat membuka Germas ketika Jambore Posyandu di Aula BPMS, Selasa (22/8). f-indra/tanjungpinang pos

ANAMBAS – Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Jambore Posyandu Bersama Gerakan Masyarakat hidup sehat (Germas) . Berbeda dengan kegiatan pemerintah lainnya yang menyajikan makanan berupa penganan kecil, namun kali ini makanan yang disajikan merupakan makanan khas Indonesia ubi rebus, pisang rebus, kelapa parut, pindang ikan simbok dan buah- buahan untuk sarapan pagi.

Kendati terkesan sederhana namun makanan tersebut bergizi bagi masyarakat. Bupati Anambas, Abdul Haris mengatakan, kader posyandu adalah bagian dari masyarakat. Karena itu, peran serta masyarakat merupakan modal penting dalam keberhasilan pembangunan kesehatan. ”Peran serta masyarakat semakin nyata dalam pembangunan bidang kesehatan setelah terbentuknya posyandu,” ungkap Haris Saat membuka Jambore Posyandu di Aula BPMS, Selasa (22/8).

Haris juga menyoroti angka kematian ibu dan anak jangan sampai itu tinggi. Karena selama ini angkanya tergolong rendah di Anambas. Bahkan saat ini pemerintah daerah telah kedatangan dua dokter spesialis kandungan yang ditempatkan di rumah sakit bergerak Jemaja dan Rumah sakil Lapangan Palmatak. ”Alhamdulillah kita mendapatkan bantuan dua dokter spesialis kandungan dalam upaya menekan angka kematian ibu dan anak,” paparnya.

Haris juga meminta kepada para kader posyandu untuk dapat maksimal dalam membantu ibu hamil yang ada di daerahnya. Karena pantauan sejak dini tersebut dapat membantu ibu hamil dalam mempersiapkan persalinannya. ”Kader posyandu bergerak cepat membantu ibu hamil, terutama pada kesehatannya. Jika dalam persalinan tidak bisa dilaksanakan di puskesmas, bawa ke rumah sakit,” katanya.

Sementara itu Herianto Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Anambas mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan dari tanggal 21-24 Agustus. Kegiatannya, lomba posyandu, lomba yel-yel, senam Pomere, lomba penyuluhan, lomba simulasi lima meja, cerdas cermat, dan menyajikan makanan lokal. Jambore Posyandu sendiri diikuti oleh kader posyandu dari tujuh kecamatan. Pemenangnya akan ikut jambore tingkat provinsi. (cr29)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here