Uji Publik, Pileg DPRD Bintan Masih Tiga Dapil

0
398
KETUA KPU BintanWandra Fadillah dan komisioner KPU Bintan memberikan penjelasan tentang penataan Dapil, di Hotel Aston, Kamis (8/2) kemarin. F-yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – KPU Bintan telah melakukan uji publik penataan daerah pemilihan (dapil), untuk penyelenggaraan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, bersama parpol dan pihak lain, di Hotel Aston, Kamis (8/2) kemarin. Dari hasil uji publik itu, Pileg 2019 untuk DPRD Bintan masih tetap menggunakan tiga dapil.

Uji publik ini dilaksanakan dalam rapat kerja penataan dapil dan alokasi kursi DPRD Bintan pada penyelenggaraan Pileg 2019. Raker ini dipimpin Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah dan komisioner Carnita, Agung WB, Ervinasari dan Sugianto. Selain itu turut hadir Ketua KPU Kepri Said Sirajuddin, Panwaslu Kabupaten Bintan, 16 pengurus partai politik, akademis, tokoh masyarakat, LSM dan ormas.

Dalam uji publik penataan dapil itu, 12 parpol tetap bersikukuh dan berpendapat, dapil untuk Pileg 2019 di Bintan tetap terdiri dari tiga wilayah. Sedangkan empat parpol lainnya menyarankan, agar dimekarkan menjadi empat dapil. Parpol yang sepakat diusulkan menjadi empat dapil itu antara lain Gerindra, NasDem, PKPI dan Perindo. Sedangkan 12 parpol lainnya tetap mengusulkan tiga dapil. Selain itu, tim akademis dan ormas juga mengemukakan tentang penataan dapil ini.

Usai raker, Ketua KPU Bintan Wandra Fadillah menjelaskan, uji publik ini dilakukan sesuai dengan tahapan dan Undang Undang nomor 7/2017. Dari ketentuan yang berlaku, penataan dapil untuk DPR RI dan provinsi, sudah diputuskan. Sedangkan untuk kabupaten/kota, diputuskan oleh KPU berdasarkan usulan KPU kabupaten/kota.

”Dalam raker dan uji publik tadi, kita tawarkan dua opsi. Yaitu terdiri dari tiga dapil, dan empat dapil. Tapi setelah uji publik, mayoritas Pileg 2019 untuk pemilihan DPRD Bintan, masih tetap menggunakan tiga dapil,” sebut Wandra.

Begitu juga dengan jumlah kursi, tetap seperti yang lama. ”7 kursi di dapil I, 8 kursi dari dapil II dan 10 kursi dari dapil III,” kata Wandra.

Hasil raker dan usulan dapil ini, lanjut Wandra, akan dibuatkan dalam resume, dan disampaikan ke KPU pusat melalui KPU Kepri.

”Waktu uji publik penataan dapil ini, sampai 13 Februari. Di atas tanggal 13 Februari, usulan kami serahkan,” sebut Wandra, yang juga dibenarkan tim Pokja dari KPU Bintan, Agung WB. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here