Ujian CPNS di Hotel Comfort

0
1439
PELAYANAN: Resepsionis di Hotel Comfort Tanjungpinang saat melayani pengunjung, F-Andri/tanjungpinang pos

4.000 Lolos Administrasi Lowongan Menkum HAM

Hotel Comfort Batu 10 Tanjungpinang dipilih menjadi lokasi ujian Computer Assisted Test (CAT) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenkum HAM.

TANJUNGPINANG – UJIAN akan dilangsungkan, tanggal 11-13 September 2017 untuk formasi Strata S1 dan tanggal 25 September hingga 3 Oktober 2017 untuk lulusan SMA sederajat. Humas Kanwil MenkumHAM Provinsi Kepri, Rinto Gunawan mengatakan, panitia menyiapkan ruangan khusus dilengkapi dengan komputer dan perangkat lainnya. ”Kegiatan diselenggarakan mulai pagi sampai dengan selesai. Untuk satu kali trip berjumlah 200 orang,” ujarnya, kemarin.

Sebagai informasi, Rinto menyampaikan, bahwa saat ini untuk calon pelamar yang sudah mendaftar dan lolos administrasi sekitar 4 ribu peserta. ”Itu pelamar SMA sederajat maupun S1. Jumlah tersebut berasal dari masyarakat Kepri,” tambahnya.

Adapun alokasi formasi CPNS yang akan diterima di Kepri sebanyak 582 orang. Untuk formasi SMA sederajat yang diterima 362 orang dan S1 dan D3 sebanyak 220. MenkumHAM dalam kesempatan penerimaan CPNS tahun 2017 ini membutuhkan lebih kurang 17.962 orang untuk ditempatkan seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Semua proses pendaftaran hingga seleksi dilakukan online. Proses seleksi sesuai surat pengumuman nomor Sek.KP.02.01-490 ini akan berakhir sampai 9 November, jadwal pengumuman kelulusan akhir secara online.

Kesempatan penerimaan CPNS ini khusus untuk tamatan SMA sederajat, Diploma III, dokter spesialis, dokter dan sarjana.  Dari kuota CPNS untuk Kementerian Hukum dan HAM sebanyak 17.962 kursi, 14.000 di antaranya untuk jabatan penjaga lapas atau sipir dan 2.278 analis keimigrasian.

Baca Juga :  Sematkan Tanjak ke Tokoh Masyarakat, Isdianto Ajak Lestarikan Budaya Melayu

Untuk analis keimigrasian ini, dibutuhkan sarjana dari berbagai jurusan, antara lain Hukum, Sosial Politik, Ekonomi, Akuntansi, Komunikasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Bahasa Asing. Seperti halnya tahun sebelumnya, satu pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu jabatan di satu instansi. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT. Selain SKD, juga dilakukan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Pemprov Tak Buka CPNS
Lowongan CPNS hanya dibuka untuk Kementerian Lembaga dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). Sedangkan untuk penerimaan di lingkungan Pemprov Kepri belum tersedia.
Hal itu disampaikan Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Herman Suryatman, Kamis (7/9). ”Khusus di lingkungan Pemprov Kepri belum. Hanya untuk Kementerian Lembaga dan Kalimantan Utara saja,” ujar Herman saat dihubungi via ponsel Tanjungpinang Pos.

Lebih lanjut ia menyampaikan, banyaknya kabar beredar mengenai penerimaan CPNS untuk calon hakim, petugas lapas, dan imigrasi, Herman menegaskan masyarakat jangan mudah terkecoh. Kesempatan lowongan itu hanya untuk formasi yang tersedia di 60 kementerian/lembaga (K/L) dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara). ”Jika butuh informasi, kami persilahkan hubungi kantor kementerian dan lembaga, misalnya kantor kementerian imigrasi, silahkan datang ke sana,” sebut Herman lagi.

Baca Juga :  Tanker Bocor, Terdampar di Lingga

Pendaftaran CPNS Ditutup 25 September
Untuk pendaftaran CPNS di 60 kementerian/lembaga dan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), pendaftaran terakhir secara online adalah tanggal 25 September 2017. Pendaftaran akan dibuka mulai 11 September dan ditutup 25 September 2017. ”Masyarakat masih punya waktu 17 hari lagi untuk melihat pengumuman secara seksama dan mempertimbangkan pilihan yang tepat,” ujar Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Publik (PANRB) Herman Suryatman.

Pada putaran kedua ini, penerimaan CPNS dibuka untuk 60 K/L dan Pemprov Kaltara. Pendaftaran dilakukan melalui situs BKN yakni https://sscn.bkn.go.id/. Selanjutnya akan dilakukan seleksi administrasi, dan hasilnya akan diumumkan pada 30 September 2017.

Calon pelamar yang lulus pada tahap seleksi administrasi, wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2017. Kemudian bagi yang lulus akan melanjutkan ke tahap Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Kali ini, SKB juga akan menggunakan CAT, dan diikuti tahapan lain seperti wawancara sesuai dengan kebutuhan instansi terkait.

Terakhir, Panitia seleksi nasional (Panselnas) akan mengintegrasi nilai SKD dan SKB untuk mendapatkan nilai akhir. Pengumuman kelulusan akhir akan diumumkan secara online. Herman mengingatkan kembali kepada masyarakat, khususnya generasi muda yang berminat menjadi CPNS, untuk tetap mewaspadai informasi yang tidak benar dan mongkonfirmasikan informasi seperti itu ke Kementerian PANRB ataupun BKN. ”Buka situs resmi dari pemerintah dengan domain.go.id,” imbuhnya.

Baca Juga :  Dana BOS SMA-SMK Tahun 2019 Terancam Tidak Cair

Dari 61 instansi pusat dan daerah yang membuka lowongan CPNS 2017, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) termasuk salah satu di antaranya. Kebijakan penerimaan CPNS KemenPAN-RB ini, menurut Karo Hukum Komunikasi Informasi Publik KemenPAN-RB Herman Suryatman, dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada jabatan-jabatan strategis (core business) yang mendukung Nawacita sebagai pengganti PNS yang pensiun.

Selain itu, juga karena adanya peningkatan beban kerja. ”Berdasarkan Pengumuman Nomor: B/56/S.KP.01.00/2017 tanggal 5 September 2017 yang ditandatangani Sekretaris KemenPAN-RB Dwi Wahyu Atmaji, tahun ini membuka 91 formasi jabatan yang akan ditempatkan pada seluruh unit kerja,” kata Herman.

Nantinya, CPNS baru ini ditempatkan di Sekretariat KemenPAN-RB, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana, Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur, Deputi Bidang Pelayanan Publik, Staf Ahli, serta Inspektorat Kementerian PANRB. Jenis formasi yang dibuka terdiri dari 19 formasi lulusan cum laude, dua formasi disabilitas, dan 69 formasi umum.(SUHARDI/jpnn)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here