Ujian CPNS di Sekolah-sekolah

0
246
Suasana daftar ulang CPNS KemenkumHAM tahun lalu. f-dokumen tanjungpinangpos

TANJUNGPINANG – Lokasi pelaksanaan ujian Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan dilaksanakan di sekolah tingkat SMP dan SMA. Namun tak semua sekolah yang dipilih, hanya sekolah-sekolah yang sudah memiliki perangkat untuk melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Hal ini dikatakan Sekda Lingga, Juramadi Esram kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (11/10) siang. Ia menuturkan, berdasarkan SK terbaru dari BKN, pelaksanaan CAT akan dilaksanakan di sekolah-sekolah. Kerja sama itu sudah dilakukan Kemenpan RB bersama Kementerian Pendidikan. Sehingga sudah diketahui sekolah mana saja yang menerapkan UNBK lengkap dengan servernya.

”Kalau di Lingga pelaksanaan akan dipusatkan di Dabo yang tersebar di beberapa sekolah tingkat SMA dan SMP,” tuturnya.

Ia menuturkan, diperkirakan ada 260 komputer yang akan digunakan. Ini dinilai sudah cukup dengan target pelamar di Lingga sekitar 3.000 orang.

”Targetnya sekitar 3.000 anggota pelamar. Sampai saat ini yang melamar sudah sekitar seribu lebih. Angka pastinya saya belum update lagi,” ucapnya.

Sesuai instruksi BKN pelaksanaan seleksi CAT maksimal lima hari. Dengan jumlah komputer tersedia, ia meyakini akan selesai. Satu hari dijadwalkan tiga sesi.

Juramadi menuturkan, khusus Lingga tidak ada tatap muka antara calon pelamar CPNS dengan pegawai BKD Lingga. Di tahap pertama ini, pelamar tidak perlu mengantarkan bukti berkas sesuai yang diminta BKN. Berkas itu akan diminta setelah pelamar dinyatakan lulus melalaui CAT.

”Jadi berkas tidak menumpuk, kita hanya verfikasi berkas administrasi mereka yang yang lulus di CAT. Jika yang dimasukkan di website BKN tidak benar maka akan digagalkan lulus CPNS,” paparnya.

Misalnya, syarat IPK yang diminta minimal 2,7, ternyata pelamar CPNS yang lulus CAT itu IPK-nya 2,5 maka tidak akan diluluskan.

”Bisa saja data yang dimasukkan di website 2,7. Nantinya akan diketahui setelah melihat berkas bukti fisiknya. Pelamar tentu dinyatakan tidak lulus karena tidak memenuhi syarat,” paparnya.

Kebijakan ini diambil sudah melalui konsultasi ke BKN. Menurutnya, ini akan lebih efektif jadi pelamar tidak bolak-balik ke kantor BKD Lingga.

Kepala BKD Tanjungpinang, Tengku Dahlan menuturkan, lokasi pelaksanaan CAT ditetapkan di sekolah-sekolah tingkat SMP dan SMA yang sudah berbasis UNBK di Tanjungpinang.

Ia menuturkan, sampai hari ini sudah sekitar 2.200 calon pelamar CPNS. Ia menuturkan, tidak ada batasan wilayah bagi calon pelamar. Hanya saja ada keistimewaan bagi warga Tanjungpinang yang dibuktikan dengan lulusan sekolah di sini, maka minimal IPK-nya 2,3 sedangkan dari luar daerah 2,5. Khusus dokter minimal IPK 2,7.

”Istimewanya cuman di minimal IPK,” paparnya.

Dari berkas yang masuk, pPihaknya sudah melakukan verifikasi, pelamar yang lulus administrasi nanti akan diumumkan sebelum pelaksanaan seleksi CAT. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here