UMK Bukan Masalah, Asal Bisa Kerja

0
31
PEKERJA salah satu perusahaan galangan kapal di Karimun tengah bekerja membangun konstruksi kapal. f-alrion/tanjungpinang pos

Minimnya lapangan kerja di Kabupaten Karimun membuat beberapa orang pekerja harus bersedia bekerja dengan upah di bawah Upah Minimum Kabupaten (UMK) yang ditetapkan Pemerintah dan tidak diikutsertakan BPJS. Pekerja pun rela bekerja, asal bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari walau gaji yang diterima di luar UMK.

KARIMUN – ”Yang penting bisa bekerja. Walaupun gaji Rp2,1 juta per bulan dibawah UMK Karimun di sekitaran Rp2,8 juta per bulan. Sebab, tidak semua pengusaha mampu memberikan upah sesuai UMK kepada pekerjanya. Terutama, untuk pekerja di toko atau gudang,” kata Obert, salah seorang pekerja di Karimun, Rabu (7/11).

Ia mengaku, telah sepakat dengan pihak perusahaan. Sehingga, bersedia bekerja dengan gaji di bawah UMK tanpa ada lembur demikian halnya dengan BPJS Kesehatan.

Baginya, yang penting bekerja dan dijaga keselamatan dengan baik selama bekerja. Kemarin, Dewan pengupahan Kabupaten (DPK) Karimun yang terdiri dari Dinas tenaga Kerja dan Perindustrian, Apindo, BPS, serikat pekerja dan kalangan akademisi telah selesai membahas Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Karimun untuk 2019.

Hasilnya, UMK yang telah disepakati sebesar Rp3.074.281. Pembahasan disesuaikan dengan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan.

Kemudian, acuan lainnya adalah inflasi ditambah pertumbuhan ekonomi secara nasional sebesar 8,03 persen.

Setelah melalui perhitungan, telah disepakati kenaikan UMK Karimun untuk tahun depan sebesar Rp228.515.

”Ditambah dengan besaran UMK saat ini, sebesar Rp2.845.766, maka UMK kita Rp3.074.281 per bulan,’’ kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun, Azmi Yuliansyah.

Disisi lain, Dinas Tenaga Kerja Karimun memberangkatan 28 peserta pelatihan di bidang kelistrikan dan las di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang, Banten. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here