UMRAH dan Kyushu Jepang Jajaki Kerja Sama Riset

0
374
Rektor UMRAH Tanjungpinang, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc menerima kedatangan Prof. Mutsunory Tokeshi dari Kyushu University, Jepang Senin (2/4). F-istimewa/humas umrah tanjungpinang

DOMPAK – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang, Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc menerima kedatangan tamu dari Negeri Sakura, Senin (2/4). Adapun tamu yang hadir itu adalah Prof. Mutsunory Tokeshi dari Kyushu University, Jepang.

Berlangsung kurang lebih 60 menit, diskusi dilaksanakan di ruang kerja Rektor UMRAH. Tampak hadir juga dalam pertemuan tersebut Kepala LP3M UMRAH Dr. Viktor Amrifo, M.Si dan Kepala PPSPL UMRAH Yales Veva Jaya, M.Si.

Usai pertemuan dengan Rektor UMRAH saat ditanya maksud dan tujuan kedatangannya ke UMRAH, Prof. Mutsunory secara singkat dan jelas menerangkan bahwa kedatangannya ke UMRAH adalah untuk pembahasan mengenai rencana riset bersama internasional antara UMRAH dan Kyusu University di bidang sumber daya kelautan pada tahun 2018-2019.

Hal ini disampaikannya melalui terjemahan Kepala PPSPL UMRAH yang juga peneliti utama dari bidang kelautan UMRAH Yales Veva Jaya. ”Adapun cangkupan wilayah riset ini adalah Kepulauan Riau,” jelasnya, kemarin.

Saat diwawancarai apa respon UMRAH terhadap kunjungan tersebut, Prof. Akhlus selaku Rektor UMRAH merespon dengan baik. Kedatangan Prof. Mutsunory merupakan rangkaian upaya peningkatan kapabilitas internasional UMRAH di bidang riset dan publikasi, khususnya pada Ilmu Kelautan.

Dengan adanya kerja sama internasional di bidang riset dan publikasi seperti ini maka reputasi UMRAH akan semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin meningkatnya publikasi UMRAH yang terindeks Scopus.

”Diharapkan kerja sama ini dapat ditingkatkan sampai ke tahap pengiriman mahasiswa UMRAH untuk studi lanjut seperti yang telah dilakukan oleh Fakultas Teknik (FT) dengan Institut Mines-Télécom (IMT) Perancis,” tambah Prof. Akhlus.

”Secepatnya akan kita laksanakan, semoga tidak ada halangan apapun. Mohon doa dan kerja sama dari kita semua. Proposal program kerja sama luar negeri (PKLN) akan kita kirimkan bulan ini ke KEMENRISTEKDIKTI,” ungkap Kepala LP3M UMRAH Dr. Viktor Amrifo saat ditanya kapan kerja sama ini akan dimulai dua belah pihak. (mas/humas UMRAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here