UMRAH dan UNG Laksanakan Program Teacher Exchange

0
719
MENJELASKAN: Deny Nusyirwan ST MSc menjelaskan fasilitas renewable energy TE UMRAH kepada Ervan Hasan Harun STMT dan mitra TE UNG dari Jerman. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Prodi Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FT-UMRAH), tingkatkan kerja sama lesson dan learned dengan Prodi Teknik Elektro Kampus Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

Setelah sebelumnya ditandai dengan MoU yang ditandatangani Rektor UMRAH Prof Dr Syafsir Akhlus MSc bersama Rektor UNG di tahun sebelumnya. Tindaklanjutnya, Ketua Prodi FT-UMRAH, Eko Prayetno ST M Eng melakukan kunjungan ke Kampus UNG, belum lama ini.

Kunjungan itu disejalankan dengan kegiatan Musyawarah Nasional Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (Munas Fortei) 2017 di Gorontalo, Sulawesi. Dalam kunjungan ini, Eko Prayetno didampingi Deny Nusyirwan yang merupakan dosen pengembangan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga :  UMRAH Buka Prodi Pelayaran Diploma 4

Dalam kunjungan tersebut, Eko Prayetno menawarkan program teacher exchange untuk para dosen TE UNG, yang ingin mengadakan workshop ataupun program-program pendidikan pendek untuk mahasiswa TE UMRAH maupun sebalinya. Kedatangan Eko Prayetno, disambut gembira mahasiswa Teknik Elektro UNG..

Ia juga ingin mengetahui kegiatan atau projek yang dilakukan mahasiswa. Begitu juga dengan pola pendampingan yang dilakukan. Deny Nusyirwan juga menawarkan kerja sama, untuk mengadakan International Summer Program singkat untuk mahasiswa. Tujuannya untuk memperkenalkan internasionalisasi kepada mahasiswa di jurusan TE UNG.

”Mahasiswa Teknik Elektro UMRAH sudah pernah melakukan International Summer Program ini pada tahun 2016. Bila dilaksanakan maka dapat sharing experience kepada mahasiswa/i dari jurusan Teknik Elektro UNG,” terang Deny Nusyirwan.

Baca Juga :  STIT Lingga Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Selain itu, deny juga berkesempatan memaparkan konsep energi terbarukan untuk listrik bertenaga angin yang sedang dilaksanakan. Ketua Prodi Teknik Elektro Kampus UNG Ervan Hasan Harun ST MT mengatakan, saat ini Teknik Elektro memiliki tiga konsentrasi bidang yaitu Teknik Tenaga Listrik, Teknik Tegangan Tinggi dan Teknik Telekomunikasi dan Elektronika.

”Jurusan Teknik Elektro UNG ini, diawali dengan program D3. Pada tahun 2009, baru dimulai penerimaan mahasiswa untuk program studi S1,” sebut Ervan Hasan Harun.

Ia menambahkan, diskusi yang menarik terjadi dengan Wakil Dekan Teknik UNG, Sekretaris Jurusan TE UNG mengenai penelitian-penelitian dosen dan kunjungan ke laboratorium jurusan Teknik Tegangan Tinggi dan Laboratorium Kendali. Dalam kunjungan ini, Ervan Hasan kembali menyampaikan, bahwa ia siap koordinasi internal terkait kerja sama yang sudah di bicarakan.

Baca Juga :  O-Week STT Indonesia Tanjungpinang Secara Daring

Bahkan kedepan bila memungkinkan melakukan program budaya, yaitu memperkenalkan budaya Gorontalo ke mahasiswa UMRAH, begitu sebaliknya. Ini akan seru, mengingat, budaya kini dapat menarik minat orang untuk berkunjung. ”Memasukkan program-program budaya lokal untuk diperkenalkan kepada mahasiswa peserta kegiatan itu sangat bagus. Kami berharap bisa terealisasi berikutnya,” tuturnya. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here