UMRAH Gelar Sosialisasi Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0

0
145
Rektor UMRAH Prof Syafsir Akhlus saat mengisi materi tentang akreditasi, perkembangan instrumen APS hingga penilaian utama instrumen APS 4.0. f-istimewa/humas umrah tanjungpinang

DOMPAK – Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang kembali menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Akreditasi Program Studi 4.0 (APS 4.0) di Ruang Serbaguna Lantai 3 Gedung Rektorat UMRAH, di Pulau Dompak, baru-baru ini.

Selain hadir untuk membuka acara, Rektor UMRAH Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc juga mendapat kesempatan untuk mengisi materi penting tentang akreditasi, perkembangan instrumen APS hingga penilaian utama instrumen APS 4.0 yang sudah diberlakukan tahun ini.

”Sosialisasi APS 4.0 ini bertujuan untuk memberikan informasi terkini terkait instrumen akreditasi BAN-PT yang terkini. Sehingga kami mengharapkan terutama kepada seluruh ketua prodi dan unit-unit kerja pendukung untuk dapat mempersiapkan instrumen dan memprogramkan kegiatan-kegiatan lebih baik sesuai dengan instrumen APS 4.0 ini,” terang Prof. Akhlus dalam materinya di hadapan peserta.

”Sekali lagi saya sampaikan, perlu diingat Laporan Kinerja Program Studi (LKPT) dan Laporan Evaluasi Diri (LED) merupakan dokumen yang akan digunakan sebagai dokumen utama untuk usulan akreditasi program studi saat ini. Jadi mohon dokumen tersebut untuk dibuat dengan sebaik-baiknya,” pungkas rektor sebelum menyudahi materinya.

Tampil juga sebagai narasumber pada sosialisasi ini Rozeff Pramana, ST, MT dan Nurul Hayaty, S.T, M.Cs dari Unit Penjaminan Mutu UMRAH.

Rozeff menyampaikan bahwa instrumen yang digunakan juga mengacu pada 9 standar dengan penilaian yang berbeda dari instrumen BAN-PT sebelumnya.

”Instrumen yang digunakan juga mengacu pada 9 standar dengan penilaian yang berbeda dari instrumen BAN-PT sebelumnya. Instrumen APS 4.0 terbaru ini mengukur 4 dimensi utama, yang meliputi mutu kepemimpinan dan kinerja tata kelola, mutu dan produktivitas luaran (outputs), capaian (outcomes), dampak (impacts), mutu proses, dan kinerja mutu input,” jelas Rozeff.

”Penilaian akreditasinya juga mengalami perubahan, dimana nantinya akan terdapat peringkat akreditasi yaitu unggul, baik sekali dan baik. Dalam usulan akreditasi juga akan diperhatikan syarat-syarat terakreditasi dan peringkat,” tambah pria yang juga Ketua Penjaminan Mutu UMRAH Tanjungpinang tersebut.

Selanjutnya narasumber terakhir, Nurul Hayaty, S.T, M.Cs (anggota Penjaminan Mutu UMRAH) mendapat tugas untuk menerangkan dan menggambarkan tentang mekanisme penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED) dan gambaran pertanyaan-pertanyaan yang akan asesor berikan saat visitasi berlangsung.

Kegiatan ini dihadiri oleh para Wakil Dekan I Fakultas, Kepala UPT, seluruh Ketua Prodi, Pejabat pengawas (kasubag) unit kerja terkait, serta para dosen di lingkungan UMRAH.

Turut hadir juga dalam acara tersebut anggota Penjaminan Mutu UMRAH lainnya, Dr. Ir. Hj. Khodijah, M.Si., Akhirman, S.Sos, MM., serta Alena Uperiati, S.T, M.Cs.

Saat ini, UMRAH Tanjungpinang memiliki lima fakultas yakni Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Adapun visi UMRAH adalah, menjadi pusat unggulan riset dan budaya maritim yang berdaya saing internasional pada tahun 2040.

Sedangkan misinya, Misi UMRAH, menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan berwawasan kemaritiman yang berbudaya dan bereputasi internasional.

Mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya melalui riset dan inovasi berbasis kemaritiman yang bereputasi. (mas/abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here