UMRAH Mesti Fokus Kembangkan Kemaritiman

0
731
WAKIL Gubernur Kepri H Isdianto saat meninjau Kampus UMRAH Tanjungpinang.F-istimewa/humas pemprov kepri

DOMPAK – Wakil Gubernur Kepri H Isdianto mengimbau pihak Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang harus lebih fokus dalam mengembangkan program kemaritiman di Provinsi Kepri.

Hal ini disampaikan Isdianto ketika dirinya berkunjung ke UMRAH dan melihat secara langsung program unggulan UMRAH didampingi Wakil Rektor (Warek) II membidangi Umum, Perencanaan, Sistem Informasi dan Keuangan Agus Sutikno dan pejabat UMRAH lainnya, baru-baru ini.

”Saya minta program perkuliahannya harus lebih fokus terhadap kemaritiman kita. Kalau misalnya sudah diterapkan, maka otomatis mahasiswanya akan mengaplikasikan ini di lapangan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos.

Baca Juga :  Kerja di Bapas, Bikin Skripsi Kehidupan Mantan Napi

Kedatangan dirinya waktu itu juga didampingi pejabat Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI Agung Kuswandono bersama jajaran pejabat di lingkungan Kementerian Maritim lainnya.

Selama di UMRAH, Isdianto tampak meninjau master plan perencanaan perkuliahan di kampus UMRAH. Tak hanya itu Isdianto bahkan menginstruksikan bahwa ke depan mahasiswa UMRAH harus menjadi rool model dalam rangka mengembangkan Sumber Daya Alam (SDA) khsusus kemaritiman di Provinsi Kepri.

”Kita tahu bahwa Kepri ini kaya akan sumber daya laut. Ikannya mahal, pulau-pulaunya sangat bagus, kalau bukan kita yang memanfaatkannya, siapa lagi? paparnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Dibekali Sejarah STAIN-SAR

Sebagai informasi, UMRAH merupakan kampus negeri termuda di Indonesia. Ke depan Pemerintah Provinsi Kepri bersama pejabat UMRAH bercita-cita Ingin menjadikan kampus ini sebagai pusat unggulan riset dan budaya maritim yang berdaya saing internasional pada tahun 2040.

UMRAH merupakan salah satu universitas termuda di negeri ini yang memiliki nilai strategis bagi wilayah dimana ia bertempat di Provinsi Kepri.

Tidak cuma bagi Kepulauan Riau sendiri namun juga bagi Indonesia di wilayah barat. Karena Kampus ini terletak di garis depan negeri ini, berhadapan langsung dengan Malaysia dan Singapura dengan lokasi geografis yang saling berdekatan sejak zaman kerajaan Riau-Lingga. UMRAH berdiri sejak tahun 2007 di bawah payung hukum SK Mendiknas No.124/D/O/2007 di Tanjungpinang, Ibu Kota Provinsi Kepulauan Riau. Dalam Perkembangannya, UMRAH kini telah disahkan menjadi universitas negeri pertama di Kepri. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here