UMRAH Rencana Buka Jurusan Perkapalan

0
696
Prof Dr Syafsir Akhlus MSc

TANJUNGPINANG – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Prof Dr Syafsir Akhlus MSc berencana akan membuka jurusan baru yaitu perkapalan, sebelum menyelesaikan masa jabatan.

Tentu selain jurusan-jurusan lain yang terus bertambah. Mulai dari bidang kemaritiman ataupun umum. Kini ada 20 program studi di 5 Fakultas. Di antaranya Fakultas Ekonomi, Teknik, Ilmu Kelautan dan Perikanan, Keguruan dan Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial dan Politik.

”Saya memiliki niat untuk membuka jurusan Perkapalan. Mudahan dapat terlaksana sebelum selesai bertugas,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, saat dijumpai di ruang kerjanya Kampus UMRAH Dompak, Tanjungpinang. Ia menilai untuk membuka jurusan Perkapalan perlu persiapan matang, teruma terkait Sumber Daya Manusia (SDM) atau tenaga pengajar.

”Saya sedang mencari SDM-nya, jika hanya sembarang-sembarangan banyak. Tapi saya mau yang memiliki kualitas agar bisa meluluskan mahasiswa berdaya saing,” unkapnya.
Ia mengaku sudah melakukan pertemuan dengan beberapa dosen Perkapalan di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), hanya saja sudah di inden atau sudah diminta mengajar ditempat lain.

Selain persoalan itu, yang perlu diselesaikan yaitu Ruang Kelas Belajar (RKB) juga perlu ditambah. Yang ada saat ini sebenarnya kurang. Hanya saja dilakukan pengaturan Rombongan belajar (Rombel) dengan shift. Ini lah salah satu cara agar seluruh mahasiswa tertapung. ”Kita tidak ada kelas sore atau malam, tetapi ada shift terkahir belajar sampai pukul 5 sore,” ungkapnya.

Terkait persoalan ini juga akan dibahas di pusat, agar mendapat anggaran untuk penambahan RKB. Sebelumnya, 2016 lalu ada rencana akan mendapatkan anggaran tersebut, hanya saja baru akan diberikan di bulan Oktober. ”Jika di Oktober dana pembangunannya cair mana mungkin selesai sampai akhir tahun. Jadi saya tolak dan kini sedang ajukan mudah-mudahan dapat,” ungkapnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here