UMRAH Tidak Pakai Plastik

0
302
RATUSAN mahasiswa UMRAH Tanjungpinang saat mengikuti wisuda di Aula Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Sabtu (16/9) lalu. F-adly bara hanani/tanjungpinang pos

Wisuda Digelar Bertepatan dengan World Clean Up Day

Gotong-royong massal dilakukan di 150 negara di dunia, Sabtu (15/9) bertepatan dengan World CleanUp Day. Saat itu, digelar juga wisuda terhadap ratusan sarjana UMRAH. Sebagai bentuk keikutsertaan dalam menyukseskan World CleanUp Day, maka satu hari itu dihindari penggunaan plastik.

TANJUNGPINANG – Rektor Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang Prof. Dr. Syafsir Akhlus.M.Sc mengatakan acara wisuda kali ini beda dibandingkan sebelumnya.

Pelaksaan wisuda ke-XI ini bertepatan dengan World CleanUp Day (Hari bebas sampah sedunia) yang jatuh pada tanggal 15 September. UMRAH juga turut memperingatinya dengan tidak menggunakan yang berbahan plastik.

”Pada pelaksanaan wisuda kemarin yang bertepatan dengan hari sampah sedunia, kita berusaha tidak menggunakan sampah plastik, mulai dari bungkus makanan, minuman dan lainnya menggunakan botol dan gelas kaca,” ungkap Syafsir Akhlus, kemarin.

Dijelaskannya, wisuda kali ini memiliki keunikan yang berbeda pada pelaksanaan wisuda-wisuda sebelumnya.

Dalam pelaksanaan Wisuda dan Dies Natalis UMRAH ke-XI kali ini dihadiri oleh beberapa rektor dari kampus lain di Indonesia, seperti dari kampus Universitas Terbuka (UT), Universitas Internasional Batam (UIB), Universitas Batam (UNIBA), Universitas Universal Batam, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Galileo Batam.

Tidak hanya itu, pada acara wisuda ini disejalankan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Provinsi Kepri yang ditandatangani oleh Gubernur, penandatangan MoU dengan Rektor UT, UNIBA, Universitas Universal Batam, dan STIE Galileo Batam dan juga pemberian plakat cenderamata mata.

”Nah, dengan adanya kerja sama bersama beberapa rektor tersebut, maka kita membuka peluang bagi lulusan-lulusan  terbaik yang cumlaude untuk dapat melanjutkan studinya,” imbuhnya.

Selain dari ada pemberian penghargaan kepada mahasiswa dengan lulusan terbaik tingkat fakultas dan tingkat universitas. UMRAH juga memberikan penghargaan kepada dosen dengan penghargaan dosen terbaik.

Adapun nama dosen yang menerima penghargaan tersebut adalah Dr. Ani Suryanti. S.Pi. M.Si dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP), Dr. Drs. Abdul Malik. M.Pd dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Susiana S.Pi. M.Si dosen Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP).

Sidang terbuka senat UMRAH Tanjungpinang dilaksanakan di Gedung Aula Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Sabtu (15/9) kemarin.

Wisuda sarjana kali ini meluluskan sebanyak 658 mahasiswa/wati dari 5 Fakultas yaitu Fakultas Teknik (FT) sebanyak 69 orang, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) sebanyak 71 mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 116 mahasiswa, Fakultas Ekonomi(FEKON) sebanyak 166 mahasiswa, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) sebanyak 236 mahasiswa.

Dari jumlah wisudawan/ti tersebut, meluluskan 5 wisudawan/ti dengan predikat lulusan terbaik (Cumlaude) dari tingkat fakultas dan tingkat universitas.

Adapun nama dari lulusan terbaik tersebut yaitu, Trimas Manalu Fakultas Teknik (FT) Program Studi (Prodi) Teknik Elektro dengan indeks prestasi Kumulatif (IPK) 3,84. Kemudian, Iwanto Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan (FIKP) Prodi Teknik Hasil perikanan sekaligus lulusan terbaik tingkat universitas dengan perolehan IPK 3,96.

Dini Trisni Anggraini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IPK 3,93.

Berikutnya, Pebrianti Fakultas Ekonomi (Fekon) Prodi Akuntansi IPK 3,84 dan Dinda Imelda fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Prodi Sosiologi IPK 3,88.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here