UN SMP Berjalan Lancar

0
1007
TINJAU: Wakil Ketua I DPRD Kota Tanjungpinang didampingi Simon Awantoko, anggota DPRD Kota Tanjungpinang saat meninjau UNBK SMPN 6 di SMAN 4 .f-martunas/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – PELAKSANAAN Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) maupun Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) SMP di hari pertama, Selasa (2/5) dan kedua Rabu (3/5) berjalan lancar.

Peserta mengerjakan soal mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Dilanjutkan hari ini, Kamis (4/5) yaitu Bahasa Inggris serta hari terakhir, Senin (8/5) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, HZ Dadang AG menuturkan, peserta UN tingkat SMP sederajat yang menggunakan sistem komputer maupun pensil belum ada ada kendala.

”Sampai dengan hari ini, (Rabu, red) pelaksanaan ujian nasional lancar. Semua normal belum ada yang terhenti karena kendala teknis maupun soal,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (3/5).

Baca Juga :  Sekolah Tanjungpinang Didorong Berbasis IT

Katanya, ada sekitar 3.465 siswa kelas IX dari 26 SMP sederajat di Tanjungpinang yang ikut. Di antaranya 13 sekolah berbasis komputer dan 13 sekolah lainnya masih manual atau pensil. Ia menuturkan, tidak menutup kemungkinan jika ada kendala baik menggunakan sistem komputer maupun manual. Hanya saja jikapun terjadi pasti ada solusi yang akan diberikan.

”Kita berdoa saja agar lancar, sebab sampai sekarang belum ada laporan soal yang tak muncul untuk sistem komputer ataupun yang tak terbaca untuk manual,” tuturnya.

Baca Juga :  70 Persen Juara di MTQ Kepri

Rencananya pengumuman kelulusan SMP sederajat akan dilaksanakan 2 Juni mendatang. Ia menuturkan, UN bukan penentu mutlak kelulusan bagi siswa lagi. Hanya tetap ada standar dan masuk indikator penentu lulus atau tidaknya siswa.

Terkait siswa tingkat SMA sederajat asal Kota Tanjungpinang yang tak lulus, ia mengaku belum menerima laporan dari Dinas Pendidikan Kepri. Informasi yang disampaikan pihak Dinas Pendidikan ada satu siswa tingkat SMA dan dua siswa SMK yang tak lulus pada tahun 2017 ini.

”Saya belum terima dan belum tahu siapa siswa yang tak lulus itu. Sejak kewenangan SMA sederajat di provinsi, saya memang tak dapat laporan lagi,” terangnya.

Baca Juga :  Jolok APBN Bangun Sekolah

Ditambahkannya, pihaknya menyiapkan hadiah bagi siswa tingkat SMP sederajat yang lulus nilai sempurna untuk setiap mata pelajaran.(DESI LIZA PURBA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here