UNBK Belum Menyeluruh di Kepri

0
250
KETUA Komisi IV DPRD Kepri, Teddy Jun Askara saat meninjau UNBK di SMKN 1 Tanjungpinang, baru-baru ini. F-suhardi/tanjungpinang pos

Jaringan, Listrik dan Internet Jadi Persoalan Utama

Tiga persoalan pokok menjadikan sejumlah SMA/SMK/MA/SLB di Kepri tak bisa menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Padahal, UNBK sudah bertahun-tahun digelar.

TANJUNGPINANG – TIGA persoalan utama tersebut adalah, listrik yang belum tersedia di semua sekolah-sekolah di Kepri, termasuk jaringan internet yang belum menyentuh seluruh daerah pelosok di Kepri dan infrastruktur serta sarana prasarananya sendiri seperti komputer.

Ketua Komisi IV DPRD Kepri Teddy Jun Askara (TJA) saat meninjau pelaksanaan UNBK di SMKN 1 Tanjungpinang belum lama ini juga menyampaikan, ada juga sekolah yang memiliki komputer namun jaringan internet dan listrik tak memadai.

Sehingga persoalan yang dialami semua sekolah di Kepri tidak sama. Dia berharap, perlahan-lahan Pemprov Kepri melalui Dinas Pendidikan bisa melengkapi sarana prasarana sekolah sehingga ke depan makin banyak sekolah yang bisa menggelar UNBK.

Dalam Ujian Nasional (UN), pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tidak memaksakan semua sekolah harus menggelar UNBK. Bagi sekolah yang belum bisa menggelar UNBK, maka bisa mengikuti Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK). Di Kepri, masih sangat banyak SMA sederajat yang belum bisa menggelar UNBK.

Sekolah-sekolah yang kebanyakan belum bisa menggelar UNBK terutama di daerah pesisir yang belum terjangkau internet. Sekolah-sekolah ini banyak ditemukan di Natuna, Anambas dan Lingga. Meski demikian, Batam sebagai kota yang lebih maju belum semua sekolah bisa menggelar UNBK terutama yang berada di pesisir.

Wakil Bupati Natuna Ngesti berharap, tahun depan makin banyak SMA di Natuna yang bisa menggelar UNBK agar memudahkan siswa mengikuti ujian. Namun ia menyerahkan seluruhnya ke Disdik Kepri karena kewenangan SMA sederajat kini ada di provinsi sejak UU No.23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah diberlakukan awal 2015 lalu.

Di Tanjungpinang, daerah Senggarang salah satu yang terjauh namun tetap terjangkau listrik dan internet. Sehingga SMAN 6 Tanjungpinang di Senggarang tetap bisa menggelar UNBK tahun ini.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here