UNBK, Dua SMP Masih Numpang

0
590

Ujian Nasional (UN) SMP sederajat akan dimulai, tanggal 23 April nanti. Di Kabupaten Lingga, hanya dua sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Sisanya masih menerapkan Ujian Nasional Pensil Kertas (UNPK).

LINGGA – KEPALA Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Drs Junaidi mengatakan, dua SMP di Lingga yang menggelar UNBK yakni SMPN 1 dan SMPN 1. Namun, karena dua sekolah ini belum memiliki sarana prasarana yang lengkap, mereka menumpang di SMA. Siswa SMPN 1 akan menumpang di SMAN 1 dan siswa SMPN 3 akan menumpang di SMAN 3.

Pihak sekolah sudah menggelar simulasi di dua sekolah itu, sehingga siswa sudah siap mengikuti UNBK dua pekan lagi. Junaidi menambahkan, tahun 2019 nanti diupayakan agar jumlah SMP yang mengelar UNBK bertambah. Sehingga makin memudahkan siswa saat ujian nanti.

Baca Juga :  Setelah Dilantik, Kinerja Dievaluasi

Pihaknya juga akan menganggarkan pengadaan komputer tahun depan sesuai kemampuan APBD, sehingga sekolah bisa mengadakan UNBK di sekolahnya sendiri. Ada beberapa persoalan mendasar yang membuat Disdik Lingga belum bisa menerapkan UNBK secara menyeluruh yakni, jaringan internet yang terbatas hanya di kota, sarana prasarana yang belum lengkap, termasuk komputer yang tidak mencukupi. Tahun depan, apabila Palapa Ring Barat sudah dioperasikan dan jaringan internetnya menyeluruh di Lingga, maka makin banyak sekolah yang bisa menggelar UNBK nanti.

”Sekarang internet adanya di kota. Kalau di pulau-pulau sangat terbatas. Sehingga sangat tidak mungkin sekolah-sekolah di pulau mengikuti UNBK,” ujar Junaidi kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Selasa (3/4).

Baca Juga :  HUT Bhayangkara, Polres Ziarah ke Makam Pahlawan

Dijelaskannya, soal untuk UNPK akan tiba tanggal 19 April nanti. Soal ini akan disimpan di Polres Lingga. Tiga hari menjelang pelaksanaan ujian nasional,, soal-soal tersebut akan didistribusikan ke polsek-polsek. Sehingga, pihak sekolah lebih dekat mengambil soal ke polsek saat hari H ujian nasional.

Ditanya berapa nilai minimal ujian nasional, Junaidi mengatakan, tanggal 16 April nanti baru dibeberkan semua. Karena Disdik Pemprov Kepri akan turun ke Lingga melakukan sosialisasi. ”Tanggal 16 April nantilah ketahuan. Tanggal 19 April soal sudah tiba dan H-3 sebelum UN, soal didistribusikan ke polsek-polsek. Semua kecamatan di Lingga ada SMP,” tambahnya.

Baca Juga :  Pemkab Ajak Balai Konservasi Tangani Buaya

Junaidi menambahkan, ujian nasional bukan lagi penentu kelulusan siswa. Namun pihak sekolah berwenang penuh menetapkan siswanya lulus atau tidak. Tentu dilihat dari sikapnya selama ini termasuk dari hasil Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN). Meski demikian, kata dia, ujian nasional tetap wajib diikuti siswa karena itu salah satu syarat akademik yang harus diselesaikan siswa Kelas 9 (Kelas III).(MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here