UNBK, Lima SMP di Bintan Menumpang

0
798
Tamsir SSi MSi

2.463 Peserta UN Tak Cemas

BINTAN – SEBANYAK 2.463 siswa SMP/MTS se-Bintan tak perlu cemas, saat mengikuti Ujian Nasional (UN) yang dimulai, Selasa (2/5) pekan depan.

Dari 37 SMP/MTS di Bintan, lima sekolah akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dengan cara menumpang di SMA/SMK.

Kepala Dinas Pendidikan Bintan Tamsir SSi MSi menyebutkan, lima SMP yang melaksanakan UNBK di Bintan itu antara lain SMPN 1 dengan jumlah siswa 260 orang.

Karena SMP tidak memiliki komputer, UNBK terpaksa menumpang atau dilaksanakan di SMAN 1 Bintan Timur. Selain itu, UNBK dilaksanakan oleh SMPN 2 dengan jumlah peserta 171 siswa, pelaksanaannya di SMK 2 Bintan.

SMPN 6 juga melaksanakan UNBK dengan peserta 47 orang siswa, pelaksanaannya di SMA 3 Bintan. SMPN 11 dengan peserta 162 siswa, pelaksanaanya di SMK 1 Bintan. Terakhir SMPN 20, dengan jumlah peserta 33 siswa, pelaksanaan UNBK di SMK 3 Bintan.

”Total siswa yang melaksanakan UNBK adalah 673 siswa. Sedangkan 32 sekolah lainnya di Bintan, melaksanakan ujian nasional dengan sistem Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP), dengan jumlah peserta 1.790 siswa,” sebut Tamsir, Rabu (26/4) kemarin.

”2.463 siswa yang melaksanakan UN tingkat SMP/MTS di Bintan, tidak ada yang cemas dan tak perlu dicemaskan,” sambungnya.

Karena, lanjut Tamsir, kelulusan siswa tidak ditentukan dari hasil nilai UN. Kelulusan ditentukan oleh masing-masing sekolah, berdasarkan penilain hasil ujian di sekolah dan beberapa penilaian lainnya. Namun demikian, peserta UN harus berusaha mencapai nilai tertinggi.

”Kita tetap menargetkan hasil UN di Bintan meraih nilai maksimal. Karena, hasil UN itu merupakan standarisasi dan mutu pendidikan daerah,” jelas Tamsir.

Ujian Nasional tahun 2017 tingkat SMP/MTS, tambah Kadisdik Bintan, dilaksanakan sejak Selasa (2/5) sampai dengan Kamis (4/5), dan Senin (8/5).

”Jumat tanggal 5 Mei tidak dilaksanakan ujian, karena waktunya mepet,” tambahnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here