UNESCO Teliti Geopark Natuna

0
553
UNSUR OPD dan Unesco Guy Martini foto bersama saat mengunjungi situs geopark Jelita Sejuba, Sabtu (22/12).F-istimewa
Presiden Global Geopark Network UNESCO, Guy Martini berkunjung ke Natuna selama dua hari. Kedatangannya, untuk meneliti terhadap sejumlah situs geopark Natuna.

NATUNA – Ia dijadwalkan, akan berkunjung ke lima situs geopark yang ada di Natuna yakni Site Geopark Jelita Sejuba, Mangruve Semitan, Tanjung Datuk, Alife Stone, Senubing dan Batu Kasah.

Kedatangannya disambut oleh Ketua Badan Pengelola Geopark Natuna (BPGN), Izwar Asyfawi dan sejumlah anggotanya.

Dari Bandara Natuna, mereka langsung menuju situs Geopark Natuna yang sudah disiapkan.

Di hari pertama kunjungannya, Martini langsung meninjau empat site geopark yakni situs Jelita Sejuba, Mangruve Semitan, Tanjung Datuk dan Alife Stone.

”Alam anda indah, kebudayaan anda mempesona. Tinggal dikelola dengan baik agar bisa menjadi geopark global. Terima kasih atas sambutan hangatnya,” kata Martini, pada acara Jamuan Makan Siang di Jelita Sejuba, Desa Sepempang Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu (22/12).

Baca Juga :  Sektor Perikanan Natuna Perlu Ditingkatkan

Ia mengemukakan tujuannya ke Natuna, yakni untuk melakukan kajian awal dengan mengobservasi situs-situs yang ada sebagai langkah awal pembentukan sebuah geopark.

”Kami ingin melihat alam Natuna secara langsung, untuk mengumpulkan informasi dan data sebagai keperluan tindakan assessment selanjutnya. Kami akan mendatangi dan mengamati sejumlah situs geopark selama di Natuna,” kata Pria yang juga berprofesi sebagai Assessor Geopark UNESCO itu.

Kepala BPGN Kabupaten Natuna, Izwar Asyfawi menyambut baik kedatangan Martini dan rombongan.

Menurutnya, kedatangan mereka merupakan satu langkah maju bagi Natuna dalam perjalanannya menuju geopark global.

Baca Juga :  RSUD Bebaskan Lahan Warga

”Kami merasa terhormat dengan kedatangan anda. Mudah-mudahan ini jadi langkah awal yang baik bagi Natuna menuju geopark global,” kata Izwar.

Hal yang sama juga disampaikan oleh General Manager (GM) Jelita Sejuba, Cindy.

Dalam pemaparannya, Cindy mengungkapkan kegembiraanya atas kedatangan Martini dan rombongan sembari memaparkan profil site Jelita Sejuba.

”Jelita Sejuba merupakan site yang baru dikelola. Seperti yang anda saksikan di sini terdapat sejumlah unsur geologi seperti bebatuan besar, gunung, beberapa jenis flora dan fauna serta habitat laut. Kami berharap site ini menjadi unsur pendukung yang mumpuni dalam upaya menjadikan Natuna sebagai global geopark,” ujar Cindy.

Pada acara itu, Martini dan rombongan disuguhkan berbagai sajian khas Natuna seperti tari-tarian, short movie Jelita Sejuba, berbagai makanan khas dan kemudian meninjau seluruh sudut kawasan itu.

Baca Juga :  Perda Jadi Kendala Membuat IMB

Setelah itu, rombongan menuju Site Mangruve Semitan, Tanjung Datuk dan Alife Stone. Observasi situs lainnya, dilanjutkan keesok harinya yakni Minggu (23/12).

Rombongan Martini terdiri dari Istrinya sendiri Mrs Danielia Inacia Dos Santos.

Peneliti Geopark Nasional Prof Mega Fatimah Rohana, dan sejumlah pejabat dari Kementerian Luar Negeri.

Selama di Natuna mereka bermalam di Hotel Alife Stone, Desa Spempang, Kecamatan Bunguran Timur. (HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here