Unik, Bunga Sakura Mekar Sekali Setahun

0
1756
MEKAR:Bunga sakura Kijang Kota Bintim mekar lagi. Sejumlah pengunjung antusias memotretnya, Minggu (19/3).F-suhardi/tanjungpinang pos

Tanaman Jepang Jadi Primadona di Kijang

April 2016, bunga Sakura pertama kali mekar di Taman Kota Kijang Bintan Timur (Bintim).
Rupanya tahun ini, tanaman asli dari Jepang itu bisa mekar lagi di Indonesia.

Kijang – USIA sakura belum pasti. Sebab, ada yang menyebutkan ditanam tahun 1972. Ada juga yang menyebutkan ditanam tahun 1842.

Dua tahun terakhir ini, pohon tersebut selalu berbunga. Ini juga yang membuat pohon tersebut mulai heboh. Sehingga, banyak warga yang datang berkunjung ke sana.

Bunga pohon itu tidaklah seindah pemikiran orang-orang hingga datang jauh-jauh ke sana. Namun, keunikan pohon khas asal negeri matahari terbit itu yang membuat mereka penasaran.

Sekilas, bunga sakura ini terlihat kecil warna pink muda. Bunga cukup banyak dan sebagian besar sudah berguguran. Bliz kamera ponsel maupun kamera profesional silih berganti mengabadikan momen itu saat berkunjung ke sana. Seperti pantauan Tanjungpinang Pos, Minggu (19/3), warga ramai-ramai mengunjungi pohon itu.

Baca Juga :  Pejabat Galau, Ragu Tenderkan Proyek

Padahal, pohon tersebut hanya satu batang saja. Tingginya sekitar 4-5 meter dan banyak dahannya. Daunnya hijau kecokelatan.

Hingga kini pohon tersebut masih berdiri kokoh di tepi kolam eks Antam. Ya, warga menyebutnya kolam Antam. Di sanalah warga duduk menikmati sejuknya udara dan melihat keunikan pohon itu.

Warga menduga-duga, harusnya pohon itu hanya bisa berbunga di lahan dingin dan bersalju seperti Jepang. Namun, entah kenapa bisa berbunga di daerah panas.

Seseorang warga mengatakan, dulu pohon itu pernah berbunga dan kadang-kadang rontok sendirinya.

Kala itu, seluruh pengunjung antuasias melihat bahkan ada pula yang diam-diam memetik sampai mematahkan dahannya untuk dibawa pulang.

Baca Juga :  Jumlah Sabu Berpotensi Meningkat

Sebab itulah, pengelola Taman Kota Kijang mulai melakukan pemagaran pohon sakura yang terletak persis di bibir danau eks pasca tambang PT Antam itu, karena khawatir ke depan tidak akan berbunga dan mekar lagi.

Saat ini memasuki minggu ke tiga Maret 2017, pohon sakura satu-satunya ada di kawasan Taman Kota Kijang itu kembali memancarkan auranya. Setiap pengunjung yang lewat kawasan Taman Kota Kijang pasti melihat ke pohon tersebut.

Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang sengaja berhenti memarkirkan kendaraannya di bibir jalan, hanya sekedar ingin melihat dari dekat mekarnya bunga sakura yang saat ini sedang mulai gugur itu.

Salah satu pengunjung Taman Kota Kijang, Ratna mengatakan, tahun lalu dirinya bersama sahabat-sahabatnya datang berkunjung ke pohon sakura itu. Saat itu, karena tahu lewat media sosial (Medsos), merasa penasaran Ratna mengaku jauh-jauh dari Tanjunguban datang ke lokasi pohon sakura itu.

Baca Juga :  Jagung Tumbuh Subur di Lahan Bauksit

”Tahun lalu, saya pernah ke sini. Karena ngelihat di medsos bunga sakura ini mekar lagi, maka jauh-jauh saya datang lagi, hanya untuk ngelihat dan foto-foto,” terangnya.

Tak hanya Ratna, Adi warga Tanjungpinang mengaku sejak siang sudah tiba di bawah pohon sakura itu. Adi yang juga salah satu, pria yang ikut tergabung dalam salah satu komunitas foto Tanjungpinang, terlihat antusias mengabadikan foto bunga sakura.

”Biasanya setelah gugur ini, April dia mekar lagi. Biasanya sampai April,” pungkas Adi, sambil menunjukkan bunga sakura.(Suhardi)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here