Unit Siaga SAR Dibangun di Penuba

0
187
WAKIL BUPATI Lingga M Nizar menemui secara khusus Kepala Basarnas untuk meminta mendirikan Unit SAR di Kabupaten Lingga. F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) Kelas I A Tanjungpinang, Kepulauan Riau akan membuka Unit Siaga SAR di Kabupaten Lingga pada April 2018 mendatang.

LINGGA – Keinginan itu telah disampaikan pihak Pemkab Lingga untuk menjawab kesiapan evakuasi darurat bila terjadi di wilayah perairan Lingga. Sebab, selama ini jika ada kejadian masih mengandalkan personel SAR dari Tanjungpinang.

Sehingga, akan membutuhkan waktu lama jika terjadi sesuatu yang darurat. Hal ini dikatakan Kepala BNPP Kelas I A Tanjungpinang Budi Cahyadi mengatakan, untuk sementara Unit Siaga SAR tersebut akan menggunakan gedung lama yang pernah digunakan sebagai Kantor Bea Cukai di Desa Penuba, Kecamatan Selayar.

”Pembicaraan dengan Wakil Bupati kemarin kami (Basarnas) Pemda Lingga, untuk menyiapkan gedung pinjam pakai di Kecamatan Selayar yang sangat strategis karena persis di depan dermaga,” kata Budi Cahyadi, saat meninjau gedung yang direncanakan digunakan sebagai kantor sementara unit siaga SAR di Desa Penuba, kemarin.

Ia mengungkapkan, tahap awal pihaknya akan mengirimkan sebanyak 5 orang anggota BNPP. Namun, tidak menutup kemungkinan akan adanya penambahan baik dari pihaknya ataupun Pemkab Lingga.

”Insya Allah, tanggal 1 April kita sudah mulai. Untuk tahap awal kita akan kirimkan peralatan yaitu perahu karet peralatan mountenering, peralatan komunikasi dan lainnya,” katanya.

Sebelumnya, Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar berharap agar BNPP Kelas I A Tanjungpinang dapat menyiapkan segala hal untuk pembukaan Unit Siaga SAR di Kabupaten Kepulauan tersebut segera mungkin.

”Harapan kami dari Pemkab Lingga, semoga BNPP ini bisa dengan segera membuka Unit Siaga SAR tersebut. Kita ketahui, kondisi Kabupaten Lingga yang sebagian besar wilayah laut ini sangat rawan terjadinya kecelakaan,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here