Universitas Binus Gelar FGD Bahas Anambas

0
465
Suasana FGD yang digelar Binus bertema tentang Anambas pada Jumat (2/8).

JAKARTA – Kegiatan Budak Anambas Sedunia Balik Kampong (BASBK-2019) pada April lalu menginpirasi bagi pihak Universitas Binus Jakarta. Kegiatan BASBK 2019 pada April lalu memang sukses dengan menghadirkan konsep kegiatan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan dalam balutan wisata. Acara yang diorganisir oleh Kerabat Anambas Jabodetabek (KAJ) mendapat respon positif dari banyak kalangan.

Hal inilah yang mendasari Universitas Bina Nusantara menggelar Forum Group Discussion (FGD) membahas Anambas di Kampus Anggrek Universitas Binus, Jalan Kebon Jeruk Raya No. 27 Jakarta Barat, pada Jumat, (2/8/2019) siang. FGD Universitas Binus ini juga dilakukan untuk mengisi program community development di Kabupaten Kepulauan Anambas. Tema FGD ini; “Pengembangan Kawasan Terluar NKRI : Kabupaten Kepulauan Anambas”.

Pada FGD, pihak Binus mengundang Pemkab Anambas, Pengurus KAJ, Perwakilan Alumni Anambas, Perwakilan Mahasiswa Anambas yang berada di Jakarta.

Salah seorang pembicara dalam FGD tersebut, Ir. Fachrizal atau yang akrab disapa Ical Long Enon, yang juga Pembina Mahasiswa Anambas Jakarta mengatakan, FGD ini merupakan sebuah kejutan bagi Kabupaten Kepulauan Anambas mengingat Binus merupakan lembaga pendidikan berkelas dunia yang menaruh perhatian khusus bagi pengembangan SDM dan wilayah Anambas.
“Kami warga Anambas disambut oleh para professor dengan makanan kampong kite, sungguh terharu dan bangga” ujarnya dengan mata berbinar.

Senada dengan Bang Ical, Prof. Retno selaku Manager ComDev Binus menuturkan, bahwa Binus akan membantu memberikan advise dan mengawal cita-cita jangka panjang Anambas ke depan, memberikan pelatihan-pelatihan gratis untuk pariwisata dan UMKM berbasis teknologi, termasuk di dalamnya program Binus Bangun Desa. “Jangan datang ke Anambas kalau tidak meninggalkan sesuatu yang bermanfaat,” imbuhnya lagi.

Selain itu, Dr. Wisnu dari Euro Management juga berkomitmen memberikan kesempatan belajar 5 bahasa asing bagi mahasiswa Anambas secara gratis untuk menunjang industri parawisata.

Kabag Humas Pemkab Anambas, Akmal, juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya atas kepedulian Binus bagi kemajuan Anambas. Ia berharap dengan adanya kerjasama antara Pemkab Anambas dengan Universitas Bina Nusantara dapat meningkatkan daya saing SDM Anambas sehingga mampu menjadi pelaku usaha maupun penggiat pariwisata nantinya.

Peserta yang akan hadir mengikuti acara FGD tersebut adalah Prof. Johan (Warek 3 Binus), Prof. Tirta M (Warek 5 Binus), Prof. Retno Dewanti (manager com dev binus), DR.Jarot S Suroso (Binus graduate program), Prof. BSA (Binus/sesepuh Anambas), Savitri (Ketua Kerabat Anambas Jakarta), Wisnu (Euro Management), Bang Ical Long Enon (Pembina Anambas), Rika Garin (Bendum KAJ), Nurman (Kadisdikpora KKA), Jumadra (Ketua IPMKKA), Muhardi, Zura, Ozi dan Wahyu (Mahasiswa Anambas). (jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here