UP2K PLN Bangun Pembangkit Listrik di Numbing

0
751
BUPATI Bintan H Apri Sujadi, Wabup H Dalmasri Syam membahas pembangunan jaringan instalasi listrik PLN di Desa Numbing bersama dan Manager UP2K PLN Yuniar Budi dan manajemen PT Numbing Jaya, Kamis (1/2) kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

BINTAN – UNIT Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) PLN Provinsi Kepri segera membangun jaringan pembangkit listrik, di Desa Numbing, Kecamatan Bintan Pesisir. Saat ini, Pemkab Bintan dan UP2K sudah membicarakan penyediaan lahan untuk pembangunan jaringan tersebut, bersama pihak PT Numbing Jaya.

PLN Kepri akan membangun jaringan dan instalasi listrik di Pulau Numbing ini, sepanjang kurang lebih 10 kilometer, dari 30 kilometer jalan yang ada. Jaringan sepanjang 10 kilometer itu akan melayani sekitar 723 kepala keluarga (KK), yang selama ini belum diberikan pelayanan penerangan (listrik) dari PLN.

”Untuk pembangkit listrik di Desa Numbing ini, kita sediakan dari tenaga diesel (mesin). Bukan dari penyambungan daya listrik PLN yang arus dari Batam-Bintan. Karena ini daerah pulau, makanya mesin yang kita bawa nantinya,” kata Yuniar Budi Satria, Manager PT PLN UP2K Kepri, usai mengadakan pertemuan dengan Bupati Bintan H Apri Sujadi, Wabup H Dalmasri Syam, manajemen PT Numbing Jaya dan warga Numbing, Kamis (1/2) kemarin.

Budi menjelaskan, mesin pembangkit listrik tenaga diesel yang bakal dibangun di Numbing itu, memiliki daya 2×500 kVA. Satu mesin akan menjadi cadangan, jika terjadi gangguan pada mesin pembangkit utama. Untuk tahap awal, PLN bakal melayani listrik di Desa Numbing selama 14 jam. Sambil dilakukan evaluasi, antara energi yang dibangkit dengan output (pemakaian).

”Jika memungkinkan, ke depannya baru kita aliri rumah warga di Pulau Numbing ini selama 24 jam,” jelas Budi.

Untuk realisasi pembangunan jaringan dan instalasi ini, Budi menyatakan, pihak PLN hanya menunggu surat izin untuk pemakaian lahan. Karena, jaringan dan instalasi listrik PLN ini berada di area perkebunan karet milik PT Numbing Jaya.

”Hibah lahan untuk pembangunan jaringan listrik ini, yang kita bahas dalam pertemuan tadi. Pada prinsipnya, PT Numbing Jaya sudah bersedia. Kalau izin sudah keluar tahun ini, kami segera bawa material untuk membangun jaringannya. Setelah itu, baru kita dirikan mesin pembangkitnya,” jelas Budi.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir anggota DPRD Bintan Azman, Asmen Perencanaan Kelistrikan Amran, Adm Kantor PLN Musril, Heru dan Manajer Rayon PLN Kijang Syarifuddin, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Bintan, Camat Bintan Pesisir Zulkhairi alias Alex, serta Kepala Desa Numbing Sebastian L Usman. Warga Desa Numbing yang bakal mendapat pelayanan listrik PLN ini sebanyak 723 KK, dari 3 dusun, 4 RW dan 14 RT.

”Selama ini, warga mendapat penerangan dari PT Numbing Jaya. Penerangan hanya 3 jam dalam sehari. Selebihnya, tak ada listrik. Justru itu, kita perjuangkan agar PLN membangun listrik di Numbing, sebagai daerah pulau,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan.

Selain masyarakat, listrik PLN akan menyalurkan arus ke PT Numbing Jaya. Menurut H Apri Sujadi, Pemkab Bintan berharap agar seluruh warga dan PT Numbing Jaya secara ikhlas menghibah lahan, untuk pembangunan jaringan di jalan-jalan. Karena, listrik ini sangat mendorong untuk perekonomian masyarakat.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here